Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Produk Unggulan Jepara Dipamerkan di Java Mall

Produk Unggulan Jepara Dipamerkan di Java Mall

METROSEMARANG.COM – Puluhan stan yang terdiri dari stan batik, tenun, mebel, kerajiann dan lain-lain meramaikan Jepara Expo 2016 di atrium Java Supermall Semarang. Pameran ini digelar mulai Selasa (20/9) hingga 26 September 2016 mendatang.

Berbagai produk unggulan dipamerkan dalam Jepara Expo 2016 di atrium Java Supermall. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Berbagai produk unggulan dipamerkan dalam Jepara Expo 2016 di atrium Java Supermall. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara, Yoso Suwarno, pameran ini bermaksud untuk mendekatkan pelaku usaha produk unggulan Jepara langsung kepada konsumen. “Selain itu kami juga ingin memperluas pasar ke daerah lain agar tidak hanya dinikmati olwh warga sekitar Jepara saja,” kata dia dalam acara pembukaan Jepara Expo 2016, Selasa (20/9).

Dia menyebutkan, dalam pameran tahun sebelumnya, tercatat ada sekitar Rp 400 juta transaksi cash yang terjadi. Dia berharap, pada gelaran kali ini akan melebihi pencapaian tahun lalu.

Yoso juga menginginkan agar produk unggulan kabupaten Jepara bisa lebih dikenal. Selama ini, menurutnya hanya beberapa sektor yang baru terangkat, yakni kerajinan dan furnitur. “Kali ini kami berharap sektor tenun dan batik juga akan lebih populer dan mendunia selain furnitur,” tambahnya.

Tercatat, nilai ekspor pada semester pertama 2016 ada sekitar 109 juta US dollar. Pada akhir semester kedua nanti dia berharap nilai ekspor produk unggulan Jepara bisa mencapai 200 juta US dollar atau lebih dari Rp 2,5 triliun.

Selain pameran pproduk juga akan digelar beberapa lomba di area pameran, seperti lomba fashion show dan mewarnai untuk anak-anak yang akan berlangsumg pada 24 September dan 26 September 2016 mendatang. (ade)