Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Prof Fathur Rokhman Rektor Unnes Terpilih

Prof Fathur Rokhman Rektor Unnes Terpilih

image
Rektor Unnes terpilih Prof Fathur Rokhman menerima ucapan selamat usai prosea pemilihan. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) merampungkan proses pemilihan rektor untuk periode 2014-2018. Senin (29/9) sore, Senat Unnes dan kuasa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI di Unnes Kampus Sekaran, memberi 59 suara kepada Rektor Unnes incumbent, Prof Fathur Rokhman.

Calon lain, Prof Masrukhi memperoleh 34 suara, dan Dr Edi Cahyono mendapat 14 suara. Dengan demikian, dari 107 total surat suara, dimenangi oleh Fathur Rokhman.

Total suara penentu rektor baru Unnes berasal dari 39 kertas suara kuasa menteri dan 68 suara Senat Unnes. Kuasa yang mewakili suara menteri kemarin adalah Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Dr Patdono Suwignyo.

Selanjutnya, Senat Unnes akan mengirimkan berita acara pelaksanaan pemilihan rektor Unnes ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. “Kementerian akan menentukan kapan pelantikannya. Setelah dilantik, rektor terpilih resmi menjabat,” kata Ketua Senat Unnes, Prof Samsudi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi berharap rektor Unnes yang baru dapat menjaga kondusifitas kampus. “Kampus yang kondusif adalah media peningkatan seluruh rencana strategis. Tanpa situasi yang kondusif, tidak akan bisa dicapai,” kata Patdono.

Rektor Unnes terpilih Prof Fathur Rokhman mengatakan, sebagai rektor terpilih pihaknya masih menunggu pelantikan yang diagendakan Kemendikbud. Menurutnya, untuk saat ini pihaknya akan fokus pada sisa masa jabatan 2010/2014. “Peristiwa yang terjadi beberapa waktu lalu menjadi sebuah hikmah yang bisa diambil pelajaran agar tak terjadi lagi. Saling memahami posisi masing-masing agar Unnes lebih maju,” tandasnya.

Fathur menjabat rektor Unnes melalui pergantian antar waktu, menggantikan Prof Sudijono. Juni 2013 Fathur dilantik Menteri Pendidikan, resmi mengganti Sudijono yang saat itu turut dalam bursa pencalonan kepala daerah Provinsi Jawa Tengah, sebagai calon wakil gubernur. (MS-06/joe)