Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Prof Supriadi Mundur dari Pencalonan Rektor Unnes

Prof Supriadi Mundur dari Pencalonan Rektor Unnes

image

SEMARANG – Salah satu kandidat kuat calon Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Supriadi Rustad memilih mundur dari bursa pencalonan. Mundurnya Direktur Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Kemendikbud ini menjadi antiklimaks dari proses pemilihan rektor yang sudah memanas sejak namanya muncul dalam daftar lima bakal calon yang dinyatakan lolos verifikasi.

Upaya penjegalan Supriadi untuk maju sebagai rektor periode 2014-2018 sudah tercium sejak awal. Tak hanya jabatan Supriadi di Ditjen Dikti Kemendikbud yang disoal, status dosen aktif juga menjadi polemik dan berujung laporan ke Polrestabes Semarang terkait dugaan pemalsuan tandatangan yang dialamatkan kepadanya.

“Ini murni dari diri saya, demi nama baik Unnes,” tutur Supriadi, terkait alasan pengunduran dirinya dalam Pilrek Unnes.

Sebelumnya, Senat Unnes sudah menetapkan tiga calon, yakni Prof Fathur Rokhman, Prof Supriadi Rustad dan Dr Suwito Eko Pramono. Ketiganya telah mengajukan paparan visi dan misi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam pemilihan internal, Supriadi sanggup mengungguli dua kandidat lainnya.

Senat Unnes juga telah menyurati Kementerian Pendidikan terkait pelaksanaan tahap akhir pemilihan. Pada tahap akhir, kementerian akan memberi suara, disamping suara senat. Suara kementerian berpengaruh 35 persen, sementara suara Senat Unnes 65 persen. Unnes tinggal menunggu persetujuan kementerian saja, terkait pelaksanaan pemilihan tahap akhir itu.

Terpisah, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa Unnes, Prasetyo Listiaji meminta dilakukan pemilihan ulang. Menurut dia, berdasar aturan senat, pemilihan berlangsung dengan lebih dari dua calon tetap. Ada dua hal yang bisa dilakukan sesuai aturan senat. Pertama, pengulangan dari awal, mulai penjaringan. Kedua, pengulangan yang dimulai dari bakal calon rektor. (MS-06)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link