Home > METRO BERITA > Profesor Eko Budihardjo Berpulang, Undip Berduka

Profesor Eko Budihardjo Berpulang, Undip Berduka

image

SEMARANG – Mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip), Profesor Eko Budihardjo berpulang. Prof Eko, begitu sang begawan arsitektur perkotaan itu akrab disapa, wafat di usia 70 tahun. Prof Eko meninggal di RSUP dr Kariadi Semarang, Selasa (22/7) pukul 21.30 dalam perawatan intensif atas penyakit jantungnya.

Prof Eko menjabat rektor Undip pada 1998 hingga 2006. Hari ini (Rabu, 23/7) Undip akan memberikan penghormatan terakhir untuk Prof Eko. Sebelum dimakamkan di Kompleks Pemakaman Undip Tembalang, Prof Eko akan disemayamkan di auditorium Undip Kampus Pleburan.

Jenazahnya akan diberangkatkan dari Rumah Duka Jalan Telaga Bodas I/4 pukul 13.00. Selain dikenal sebagai arsitek, Prof Eko juga dikenal sebagai budayawan. Ayah dua putri dan kakek dua cucu itu dilahirkan di Purbalingga, 9 Juni 1944.

Pada perayaan ulang tahunnya ke 70 bulan lalu, Prof Eko meluncurkan tujuh buku. Dua diantaranya adalah kumpulan ratusan puisi yang ditulis kolega-koleganya. Prof Eko menyebutnya kumpulan puisi kehidupan dan kematian.

Prof Eko memang pecinta puisi. Dalam setiap kesempatan berbicara di depan publik, ia selalu menyempatkan berpuisi, meski hanya sebait. Sebutan “puisi mbeling” disematkan pada karya-karya Prof Eko. Selamat Jalan Profesor. (*)