Home > METRO BERITA > METRO SPORT > PSIS Benahi Transisi Bertahan ke Menyerang

PSIS Benahi Transisi Bertahan ke Menyerang

METROSEMARANG.COM – Eko Riyadi belum sepenuhnya puas dengan performa PSIS. Transisi dari bertahan ke menyerang menjadi salah satu fokus yang ingin dibenahi sang pelatih sebelum melakoni away ke markas PSPS Pekanbaru.

PSIS baru saja memetik kemenangan tipis 1-0 atas Bhayangkara U-21 dalam laga ujicoba di Stadion Jatidiri, Jumat (23/9) kemarin. Namun demikian, hasil tersebut belum sepenuhnya mencerminkan kualitas skuat Mahesa Jenar yang dibebani target juara Indonesia Soccer Championship (ISC) B.

Hari Nur Yulianto (biru) berebut bola dengan pemain Bhayangkara U-21 pada laga ujicoba di Jatidiri, Jumat (23/9). Foto: metrosemarang.com/tri t
Hari Nur Yulianto (biru) berebut bola dengan pemain Bhayangkara U-21 pada laga ujicoba di Jatidiri, Jumat (23/9). Foto: metrosemarang.com/tri wuryono 

Eko Riyadi juga mengamini jika timnya masih butuh sejumlah pembenahan. Meski puas dengan cara bertahan timnya, pelatih 48 tahun itu juga mengakui anak asuhnya masih kesulitan mengalirkan serangan ke pertahanan lawan.

“Cara bertahan yang diperlihatkan pemain sudah sesuai dengan keinginan saya. Tapi, mereka justru kesulitan ketika sudah berhasil merebut bola dari lawan. Masalah transisi dari bertahan ke menyerang ini yang akan saya benahi sebelum babak 16 besar dimulai,” kata Eko Riyadi, Sabtu (24/9).

Mantan pelatih Persitema Temanggung itu juga mulai melakukan pendekatan laga away saat ujicoba kontra Bhayangkara muda. “Saya juga sudah siapkan cara main berbeda saat melakoni laga tandang. Ball possession juga perlu kami asah terus karena di tim ini banyak pemain-pemain yang baru bergabung, sehingga butuh proses untuk membangun teamwork yang bagus,” urainya.

PSIS akan lebih dulu tandang ke markas PSPS Pekanbaru di laga perdana fase 16 besar ISC B. Pertandingan tersebut bakal dimainkan di Stadion Kaharudin Nasution pada Minggu (2/10) pekan depan.

Sementara, Manajer PSIS, Wahyu ‘Liluk’ Winarto berujar jika timnya masih melanjutkan perburuan pemain baru untuk menambah kekuatan armada Eko Riyadi. Penggawa skuat Jawa Tengah yang saat ini masih berlaga di babak 8 besar PON XIX Jabar diharapkan bisa segera merapat setelah masa tugas mereka berakhir.

“Masih ada sekitar tiga pemain lagi yang akan direkrut sebelum babak 16 besar bergulir. Selain pemain belakang, kami juga ingin menambah kekuatan di pos striker. Pekan depan kami agendakan satu kali ujicoba lagi lawan tim lokal,” ujarnya.

Menjelang bergulirnya putaran kedua ISC B, PSIS memang cukup frontal melakukan perombakan dibanding kontestan lain yang lolos ke fase 16 besar. Setelah mendepak empat pemain, manajemen tim Ibukota Jawa Tengah ini mendatangkan lima penggawa anyar, yakni Bayu Andra, Dedi CP, Iwan Wahyudi, Arif Yanggi dan Herry Susilo. (far)