Home > METRO BERITA > METRO SPORT > PSIS Mulai Biasakan Main Minus Yunus

PSIS Mulai Biasakan Main Minus Yunus

METROSEMARANG.COM – PSIS dipastikan tak akan diperkuat M Yunus pada dua laga sisa putaran grup Indonesia Soccer Championship (ISC) B. Playmaker berusia 28 itu masih dalam masa pemulihan cedera low back pain (LBP) dan diperkirakan bakal absen hingga empat pekan ke depan.

M Yunus harus melewatkan dua laga sisa di fase grup karena masih dalam masa pemulihan cedera. Foto: metrosemarang.com/dok
M Yunus harus melewatkan dua laga sisa di fase grup karena masih dalam masa pemulihan cedera. Foto: metrosemarang.com/dok

Cedera tersebut didapat pada sesi latihan sebelum Mahesa Jenar menjamu PSIR Rembang, dua pekan silam. Berdasarkan hasil pemindaian tim medis, eks penggawa Persitema Temanggung tersebut mengalami pergeseran tulang pinggul.

“Memang ada pergeseran tulang, bukan retak. Kami sudah melakukan penanganan awal, termasuk melakukan rontgen dan progresnya sejauh ini cukup positif,” kata dokter PSIS, Djoko Trihadi, Kamis (1/9).

Tim medis juga sudah memasang korset lumbal (sabuk pinggang) untuk proses pemulihan cedera Yunus. Selain itu, kapten ketiga PSIS tersebut juga terus dipantau oleh fisioterapis Halim Mardianto dan diwajibkan mengonsumsi suplemen Vitamin D dosis tinggi.

“Proses pemulihannya diperkirakan butuh waktu selama enam pekan dan sekarang sudah masuk pekan kedua. Saat ini Yunus harus benar-benar rest, sehingga kami berharap dia sudah fit saat kompetisi babak 16 besar dimulai,” imbuh Djoko Trihadi.

Yunus hanya menjadi penonton saat rekan-rekannya menjalani sesi latihan untuk persiapan menghadapi Persijap Jepara, akhir pekan ini. Sebelumnya, gelandang asal Temanggung itu juga sudah melewatkan dua laga kandang PSIS, melawan PSIR dan PPSM Magelang.

Meski bisa menyudahi pertandingan dengan kemenangan, terlihat jelas lini tengah PSIS sangat merindukan kehadiran Yunus. Minus gelandang kelahiran 7 Juli tersebut, alur serangan Mahesa Jenar dari blok tengah menjadi tersendat. Beruntung, PSIS sudah menyegel satu tiket ke babak 16 besar.

Namun demikian, pelatih Eko Riyadi mencoba mengambil sisi positif dari cedera yang dialami pemain andalannya. “Saya berharap Yunus bisa pulih tepat waktu. Ini juga menjadi kesempatan pemain lain untuk menunjukkan penampilan terbaik mereka,” tandasnya.

Absennya Yunus, membuka peluang bagi Yogi Ardianto untuk unjuk gigi. Pemuda asli Semarang tersebut punya karakter serupa dengan Yunus. Selain Yogi, stopper Anhar Latif juga bisa didorong untuk menemani Ahmad Agung atau Edy Anto sebagai gelandang jangkar.

“Beberapa kombinasi di lini tengah sudah saya siapkan untuk menutup absennya Yunus tanpa harus mengubah skema baku,” beber Eko.

Setelah meladeni Persijap, Fauzan Fajri dkk bakal melawat ke markas PPSM Magelang, Sabtu (10/9). Selanjutnya, kompetisi akan break selama tiga pekan sebelum bergulirnya fase 16 besar. (twy)