Home > METRO BERITA > METRO SPORT > PSIS Target Sapu Bersih Dua Laga Kandang

PSIS Target Sapu Bersih Dua Laga Kandang

METROSEMARANG.COM – PSIS ingin segera mengunci tiket babak 16 besar Indonesia Soccer Championship (ISC) B. Skuat arahan Eko Riyadi diwajibkan menyapu bersih dua laga kandang tersisa.

PSIS berambisi melanjutkan tren kemenangan saat menjamu PSIR Rembang, Sabtu (20/8). Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
PSIS berambisi melanjutkan tren kemenangan saat menjamu PSIR Rembang, Sabtu (20/8). Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

PSIS masih kokoh di puncak klasemen Grup 4 dengan torehan 19 poin. Johan Yoga dkk unggul lima angka di atas PSIM Yogyakarta yang menghuni posisi runner up. Hanya dua peringkat teratas masing-masing grup yang berhak lolos ke fase 16 besar.

Dengan poin yang dimiliki saat ini, sebenarnya Mahesa Jenar hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan lolos ke fase selanjutnya. Tambahan tiga angka menjadikan PSIS mengoleksi 22 poin dan tidak mungkin disamai PSIR Rembang di peringkat tiga dengan torehan 13 angka yang tinggal menyisakan dua laga.

Namun, hitung-hitungan itu menjadi sedikit rumit karena proses banding Persipur terkait kekalahan WO dari PSIS belum diputuskan oleh Komisi Banding. Artinya, poin PSIS masih 17.

“Kami tak boleh lengah karena tiket babak 16 besar belum dalam genggaman. Kami tak ingin berandai-andai dengan keputusan banding tim lain. Intinya, dua laga kandang tersisa harus benar-benar bisa dimaksimalkan,” kata Manajer Tim PSIS Wahyu ‘Liluk’ Winarto, Kamis (18/8).

Sabtu (20/8) lusa, PSIS bakal duel head to head dengan PSIR yang menjadi salah satu pesaing terdekat di Grup 4. Jika berkaca kemenangan 2-1 pada pertemuan pertama, Johan Yoga cs di atas kertas tak akan menemui kesulitan untuk menjinakkan tim berjuluk Dampo Awang tersebut.

Namun, pelatih Eko Riyadi mengingatkan agar pasukannya hanya fokus pada duel di atas lapangan. “Kami belum berfikir lolos ke babak 16 besar dan harus fokus pada setiap laga. Apalagi, PSIR juga masih berpeluang lolos, sehingga mereka akan berjuang untuk mendapatkan poin,” tegasnya.

Mantan pembesut Persitema Temanggung ini juga mewaspadai tren positif Laskar Dampo Awang sepanjang putaran kedua. Sejak dipermalukan PSIS, 28 Mei silam, Suyono Terong dkk belum tersentuh kekalahan. Dari lima laga terkini, PSIR memetik tiga kemenangan dan dua kali imbang.

“Di laga terakhir, mereka (PSIR) juga berhasil mengimbangi tuan rumah Persijap. Artinya hasil di pertemuan pertama tidak bisa dijadikan parameter kekuatan PSIR, karena mereka sudah mengalami peningkatan yang sangat bagus,” beber Eko.

Sementara, PSIS juga tengah berada di level kepercayaan diri yang tinggi. Setelah tumbang di kandang PSIM, skuat Mahesa Jenar sukses menggebuk tuan rumah Persibat dengan skor mencolok 4-1.

Persaingan di Grup 4 masih sangat ketat. Ketujuh kontestan sama-sama berpeluang lolos ke fase 16 besar. Termasuk tiga tim terbawah, Persipur, Persibat Batang dan PPSM Magelang yang baru mengoleksi 10 poin.

Dengan tiga laga tersisa, mereka bisa saja menyodok tiga tim di atasnya, Persijap (12 poin), PSIR (13 poin), dan PSIM (14) untuk bersaing memerebutkan posisi runner up. Bahkan PSIS juga masih mungkin terdepak dari persaingan, dengan catatan mereka tak mampu menambah poin dari empat laga tersisa.

Setelah meladeni PSIR, Mahesa Jenar bakal menjamu PPSM pada 27 Agustus. Selanjutnya, anak asuh Eko Riyadi berturut-turut melawat ke kandang Persijap pada 3 September dan PPSM, Sabtu (10/9). (twy)