Home > METRO BERITA > METRO SPORT > PSIS Tumbang di Markas Persekap

PSIS Tumbang di Markas Persekap

METROSEMARANG.COM – PSIS gagal mengamankan poin dalam lawatan ke Stadion Untung Suropati, Minggu (6/11). Gol tunggal Mariono di akhir babak kedua memastikan keunggulan Persekap atas Mahesa Jenar.

Iwan Wahyudi
Pemain PSIS, Iwan Wahyudi terkapar dilabrak pemain Persekap. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Tampil di kandang sendiri, Persekap mencoba mengendalikan permainan sejak awal laga. Tapi, serangan tuan rumah selalu kandas sebelum sempat masuk area pertahanan PSIS.

Absennya M Yunus di kubu PSIS mampu ditutup dengan sempurna oleh Bayu Andra dan Iwan Wahyudi. Dua pemain ini menjadi filter kuarter bek Mahesa Jenar.

Tampil dengan formasi 3-5-2, tuan rumah mencoba menyerang dari sisi sayap yang diisi Imam Yulianto dan Moch Nurhadi. Namun percobaan ini juga selau mentah di kaki Safrudin Tahar dan Herry Susilo.

Sepanjang babak pertama nyaris tak ada ancaman berarti ke gawang PSIS yang dikawal Syaiful Amar. Tercatat hanya Amir Machmud yang melakukan percobaan di menit 16, tapi sundulannya masih melebar.

Di kubu tim tamu, Johan Yoga cs kali ini bisa bermain lebih sabar. Mereka juga tak terprovokasi permainan keras yang diperagakan pemain-pemain tuan rumah.

Ancaman pertama dihasilkan PSIS di menit 38. Menerima sodoran Iwan Wahyudi, Hari Nur melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Tapi, percobaan winger Mahesa Jenar masih bisa dimentahkan Arik Bahtiar.

Tiga menit berselang, tim tamu kembali mengancam. Tusukan Tahar dari sisi kanan diakhiri dengan umpan terukur ke area penalti. Sayang, bola lebih dekat ke arah Arik, meski Johan sudah siaap menyamput di mulut gawang.

Skor kacamata menutup paruh pertama.

PSIS harus kehilangan Rio Saputra yang mengalami cedera di akhir babak pertama. Fauzan Fajri mengisi peran yang ditinggalkan pemain bernomor 95.

Jalannya pertandingan babak kedua tak banyak berubah. Pertarungan lebih banyak terjadi di area tengah. Wasit dipaksa bekerja keras karena beberapa insiden.

Meski lebih banyak memiliki kans, PSIS justru kecolongan di menit 80. Serangan balik kilat yang disusun pemain Persekap mamu dituntaskan Mariono. Gol diawal pergerakan Bagus Tjahyono di area kiri pertahanan PSIS dan diteruskan dengan crossing yang disambut sundulan Mariono tanpa bisa dicegah Syaiful Amar.

Pertandingan sempat terhenti di menit 89 karena terjadi kericuhan antar pemain. PSIS mencatat empat peluang matang di sisa laga. Tapi, tak satupun berbuah gol. Skor 1-0 bertahan sampai peluit akhir pertandingan.

Hasil ini nyaris menutup kans PSIS melangkah ke babak 8 besar, meski masih menyisakan satu pertandingan lawan PSGC. Sementara, Persekap makin kokoh di puncak Grup D dengan poin 9. (twy)

Susunan Pemain

Persekap 3-5-2: Arik Bachtiar–Ahmad Jakfar, Ali Kumaidi, Bima Boy Asmara; Imam Yulianto, Amir Mahmud; David Nurcahya, Khoirul Anwar, Moch Nurhadi; Mariono; Bagus Tjahyono

PSIS 4-2-3-1: Syaiful Amar–Herry Susilo, Rio Saputra, Tegar Pribadi, Safrudin Tahar; Iwan ‘Samson’ Wahyudi, Bayu Andra; Dani Raharjanto, Feri Ariawan, Hari Nur; Johan Yoga