Home > METRO BERITA > METRO SPORT > PSIS Tunggu Persis atau PSGC di 8 Besar

PSIS Tunggu Persis atau PSGC di 8 Besar

 

Bentrok PSIS kontra Persis bisa kembali terulang di babak 8 besar. Foto Metrosemarang/MS-01
Duel Ediyanto (PSIS) dan Javad Moradi (Persis) di fase putaran grup, bisa kembali terulang di babak 8 besar. Foto Metrosemarang/MS-01

SEMARANG –  PSIS memastikan keluar sebagai juara Grup J setelah di laga pamungkas melibas Persikabo Kabupaten Bogor dengan skor mencolok 5-1. Mahesa Jenar tinggal menunggu perwakilan dari Grup K yang baru akan melakoni matchday terakhir, Minggu (28/9) mendatang.

Seluruh kontestan babak 16 besar Divisi Utama sudah merampungkan pertandingannya pada Rabu (24/9) kemarin. Minus Grup Grup K, tim-tim yang akan mengisi dua grup di fase 8 besar juga sudah diketahui. Dengan status juara grup, PSIS bakal berada satu pool dengan runner up grup K, PSS Sleman (juara Grup L) dan Persiwa Wamena (runner up Grup M).

CEO PT Mahesa Jenar Semarang Yoyok Sukawi menegaskan, PSIS siap melawan siapapun di fase selanjutnya. “Hasil di babak 16 besar sudah memberi banyak pengalaman buat PSIS, sehingga kami akan lebih siap bertarung di 8 besar. Kami harus tetap rendah hati, karena peserta di 8 besar adalah tim-tim terbaik,” katanya.

Yoyok pun tak mempersoalkan jika Fauzan Fajri dkk kembali harus bentrok kontra Persis Solo. Namun, jika bisa memilih, politisi Demokrat ini akan lebih senang jika PSIS tak berada satu grup dengan Laskar Sambernyawa. “Kalau harus bertemu Persis, kami sudah siap. Tapi, sebaiknya tim-tim asal Jateng bisa melangkah jauh dan bisa bertemu di babak-babak akhir,” lanjutnya.

Peluang PSIS untuk terhindar dari Persis memang cukup terbuka. Saat ini, tim asal Solo itu sudah mengemas tujuh angka dan hanya berjarak satu poin dari pemuncak klasemen Grup K PS Bangka. Di laga pamungkas, skuad racikan Widyantoro akan menjamu PS Bangka di Stadion Manahan. Jika sanggup mengamankan tiga angka, Ferry Anto dkk berpeluang menjadi kampiun Grup K, dengan catatan PSPS, yang juga mengoleksi tujuh poin gagal menang di kandang PSGC Ciamis.

Namun, jika PSPS bisa mengatasi PSGC dan Persis menang atas Bangka, status juara grup bakal menjadi milik Pekanbaru. Dengan demikian, Persis akan menjadi runner up, yang berarti bakal berada satu grup dengan PSIS. Skenario lain, PS Bangka dan Persis akan menjadi wakil Grup K, sekalipun kedua tim hanya bermain seri, asalkan PSPS kalah dari PSGC. Sekalipun PSGC dan Persis sama-sama mengemas delapan angka, Laskar Sambernyawa punya keunggulan head to head atas Laskar Galuh.

Jika Persis gagal menang atas Bangka dan di pertandingan lain, PSPS bermain seri, maka bisa dipastikan mereka bakal mengepak koper lebih dini. Pasalnya, Askyar Bertuah—sebutan PSPS—punya keunggulan head to head atas Persis. PSGC yang baru mengoleksi lima poin, juga masih berpeluang menjadi runner up jika mereka mampu mengalahkan PSPS dan PS Bangka kalah dari Persis. Jika itu yang terjadi, PSGC dan PS Bangka sama-sama mengumpulkan 8 poin, tapi Emile Linkers cs yang lebih berhak mendampingi Solo karena punya rekor pertemuan yang lebih baik.

Dengan status tuan rumah di matchday terakhir, Persis dan PSGC lebih difavoritkan bisa menjungkalkan dua wakil Sumatera. Apalagi jika melihat rekor kedua tim yang sama-sama belum pernah tumbang di kandang sendiri. (*)

 

Klasemen Sementara Grup K

Tim                           M        Mn     S          K         Gol      N

1.PS Bangka              5          2        2          1          8-6       8

2.PSPS                       5          2        1          3          9-9       7

3.Persis                      5          2         1          2         11-9       7

4.PSGC                      5          1        2          2          8-11      5

Head to Head

Persis vs PSPS 4-1 dan PSPS vs Persis 3-0

Persis vs PSGC 5-2 dan PSGC vs Persis 1-1

PS Bangka vs PSPS 0-0 dan PSPS vs PS Bangka 2-3

Skenario Wakil Grup K

–          PS Bangka dan Persis, jika kedua tim bermain seri, asalkan PSPS kalah dari PSGC

–          PS Bangka dan PSPS, jika Persis gagal menang dan PSPS imbang melawan PSGC

–          PSPS dan PS Bangka, jika PSPS menang atas PSGC dan PS Bangka seri lawan Solo

–          PSPS dan Persis, jika PSPS menang atas PSGC dan Persis menang atas Bangka

–          Persis dan PS Bangka, jika Persis menang atas Bangka dan PSPS imbang lawan Ciamis

–          Persis dan PSGC, jika Persis menang atas Bangka dan PSGC mengalahkan Pekanbaru

–          PS Bangka dan PSGC, jika Bangka menang atas Solo dan PSGC mengalahkan Pekanbaru