Home > METRO BERITA > METRO SPORT > PSS dan PSIS Terancam Turun Kasta

PSS dan PSIS Terancam Turun Kasta

image

VONIS diskualifikasi sudah diketok Komisi Disiplin PSSI terhadap PSS dan PSIS. Hingga dua minggu ke depan, investigasi masih berlanjut dan tak menutup kemungkinan kedua tim bakal terdepak dari Divisi Utama.

Dalam sidang yang digelar Selasa (28/10), Komdis memastikan PSS maupun PSIS bersalah dalam kasus parade lima gol bunuh diri saat kedua tim bertemu di laga terakhir Grup N babak 8 besar. Komdis beranggapan, kedua kubu telah mencederai unsur sportivitas dalam olahraga.

“Tidak ada alasan untuk mengambil keputusan, karena ini sudah mencederai unsur sepakbola. Untuk menegakkan sepakbola Indonesia maka Komdis memutuskan mendiskualifikasi keduanya,” demikian Ketua Komdis PSSI Hinca Panjaitan.

Hukuman itu bisa saja bertambah, jika dalam investigasi lanjutan ditemukan pelanggaran lain. “Komdis masih akan melakukan investigasi lanjutan kepada pihak-pihak yang terlibat di situ. Jika terbukti mereka terlibat, seperti manajemen atau ofisal, bisa saja mereka turun kasta. Artinya sanksi lain masih menunggu,” tutur Hinca.

Dalam laga yang digelar di Stadion Sasana Krida Akademi Angkatan Udara Adi Sucipto, Minggu (26/10) tersebut, Komdis menilai ada keengganan kedua tim untuk memenangkan pertandingan. Laga tersebut berakhir 3-2 untuk kemenangan PSS Sleman, di mana lima gol yang tercipta merupakan hasil bunuh diri pemain masing-masing tim. (*)