Home > METRO BERITA > METRO SPORT > PSS Garang di Kandang, Melempem di Luar Sleman

PSS Garang di Kandang, Melempem di Luar Sleman

image

SEMARANG – PSS Sleman punya produktivitas gol yang cukup oke saat tampil di rumah mereka, Stadion Maguwoharjo. Tapi, ketajaman cakar-cakar Super Elang Jawa mendadak tumpul saat Moniega Bagus dkk bertamu ke kandang lawan.

PSS bakal menjadi lawan perdana PSIS di fase 8 besar Divisi Utama. Kedua tim yang bercokol di Grup N ini dijadwalkan bertemu di Semarang pada Sabtu (4/10) malam. Sebagai tuan rumah, Mahesa Jenar wajib mengamankan tiga angka, karena setelah laga tersebut, Fauzan Fajri cs harus bertamu ke Wamena dan Ciamis.

Jika melihat statistik PSS musim ini, kans PSIS untuk membungkus tiga poin cukup terbuka. Setelah merampungkan 19 pertandingan sampai babak 16 besar, skuad Super Elja termasuk salah satu tim dengan produktivitas gol cukup tinggi. Total gol yang dihasilkan anak asuh Heri Kiswanto sebanyak 41, identik dengan torehan gol PSIS.

Tingginya produktivitas gol anak-anak Sleman tak terlepas dari sukses mereka memaksimalkan laga kandang. Dari 10 partai yang digelar di Maguwoharjo, PSS hanya sekali tergelincir saat diimbangi tetangganya PSIM 0-0. Selebihnya, mereka selalu sukses mengukir tiga angka dengan torehan gol cukup fantastis, 31 gol atau tiga gol per pertandingan dan hanya empat kali kebobolan.

Tapi, keganasan Super Elja saat menerkam lawan di kandang, tak berlaku saat mereka melakoni laga tandang. Dari sembilan pertandingan (Persenga Nganjuk keburu mundur), mereka hanya sanggup menjaringkan 10 gol. Gawang pasukan hijau-hijau juga sudah 14 kali dijebol lawan.

Namun, tersumbatnya keran gol PSS di kandang lawan bukan berarti tim ini mandul. Bisa jadi pelatih Heri Kiswanto memilih melakukan pendekatan strategi berbeda saat tandang.

Pergantian nahkoda dari Sartono Anwar ke Heri Kiswanto juga berjalan mulus. Di bawah arahan Herkis, PSS masih tetap solid dan makin kental mengandalkan kolektivitas tim. Lihat saja daftar pemain uang masuk dalam scoresheet. Total 12 pemain pernah merasakan mencetak gol dengan Guy Junior sebagai pemuncaknya.

Jika berkaca pada statistik PSS musim ini, Moniega Bagus cs sangat berbahaya di 15 menit terakhir masing-masing babak. Sebanyak 17 gol dihasilkan di masa-masa itu.

Berikut statistik PSS hingga akhir babak 16 besar:

Rekor Kandang
10 Main, 9 Menang, 1 Seri
Gol 31, Kemasukan 4

Rekor Tandang
9 Main, 1 Menang, 3 Seri, 5 Kalah
Gol 10, Kemasukan 14

Agresivitas PSS
0-15 menit  4 gol
16-30 menit 7 gol
31-45 menit 9 gol
46-60 menit 8 gol
61-75 menit 5 gol
76-90 menit 8 gol

Pencetak Gol
10  Gol  Guy Junior
7   Gol  Moniega Bagus
4   Gol  Anang Hadi, Wahyu Gunawan, Mudah Yulianto
3   Gol  Saktiawan Sinaga, Dicky Prayoga
2   Gol  Ridwan Awaludin
1   Gol  Rasmoyo, Waluyo, Agus Setyawan, Eko Setyawan