Home > METRO BERITA > PT KAI Tingkatkan Layanan Angkutan Barang

PT KAI Tingkatkan Layanan Angkutan Barang

METROSEMARANG.COM – Selain meningkatkan pelayanan pada penumpang orang, tahun ini PT KAI sedang berusaha meningkatkan pelayanan pada angkutan barang. Saat ini, PT KAI sedang membuka beberapa jalur dan pasar baru untuk meningkatkan pelayanan tersebut.

Direktur Komersial PT KAI Pusat, Kuncoro Wibowo saat pameran di Lawang Sewu Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Direktur Komersial PT KAI Pusat, Kuncoro Wibowo saat pameran di Lawang Sewu Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Direktur Komersial PT KAI Pusat, Kuncoro Wibowo mengatakan, target PT KAI tahun ini adalah untuk memaksimalkan potensi yang ada di kereta barang. Saat ini capaian yang diraih di kereta barang baru sekitar 60 persen.

Menurutnya, perlu usaha lebih keras untuk memaksimalkan sektor ini agar menjadi pendapatan yang bisa masuk ke PT KAI dan daerah yang dilaluinya. Kereta barang dinilai lebih efektif daripada angkutan darat lainnya karena lebih cepat dan aman.

“Kami sedang membuka jalur yang masih belum terjamah oleh PT KAI. Selama ini kami berkonsentrasi di Sumatera, namun ini saatnya kami memaksimalkan pulau Jawa untuk kereta barang,” kata dia, Kamis (22/9).

Kondisi ini berkebalikan dengan kereta penumpang yang sudah bisa memberikan kontribusi kepada PT KAI. Di menyebutkan, target Rp 5,5 triliun akan bisa tercapai pada tahun ini.

“Saat ini, pendapatan dari sektor kereta penumpang saja sudah sampai Rp 1,5 triliun. Kami yakin hingga akhir tahun nanti bisa tercapai. Tahun depan bahkan kami tingkatkan target hingga Rp 6,1 triliun,” pungkasnya. (ade)