Home > METRO BERITA > Puluhan Anak Ikut Sunat Massal di RS Tugurejo

Puluhan Anak Ikut Sunat Massal di RS Tugurejo

METROSEMARANG.COM – Puluhan anak mengikuti khitan massal gratis di RSUD Tugurejo Kota Semarang, Rabu (27/7). Acara bakti sosial tersebut digelar dalam rangka hari jadi ke 66 Provinsi Jawa Tengah.

Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Suasana Aula gedung D dipenuhi suara teriakan anak-anak yang sedang terbaring. Sebagian berteriak kesakitan karena sedang disunat. Sebagian anak lain terdengar berteriak keras sambil mengucapkan lafal Allahu Akbar dan membaca surat Al Fatihah.

Pantauan metrosemarang.com di lokasi, anak-anak yang akan disunat disuruh membaca surat alfatihah sebanyak 7 kali untuk mengalihkan perhatian kepada rasa sakit. Meski begitu tak sedikit anak yang menjerit kesakitan dan akhirnya menangis. Tapi tangisan itu hanya bertahan sebentar saat proses pemotongan kulit di ujung kelamin laki-laki.

Usai disunat, mereka pun terdiam dan kembali tersenyum. Kepala Bagian Humas RSUD Tugurejo Endang Dwiningsih kepada metrosemarang.com mengatakan, jumlah peserta khitan massal membeludak dari target awal 75 anak menjadi 85 peserta.

“Kepada semua peserta khitan akan mendapat bingkisan berupa baju muslim, alat sekolah, dan uang saku. Mereka juga mendapat fasilitas kontrol paska khitan secara gratis,” kata Endang.

Ia menambahkan, bakti sosial ini diselenggarakan sebagai bantuk pengabdian kepada masyarakat serta ungkapan terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada RSUD Tugurejo. “Kita ingin dekat dengan masyarakat melalui kegiatan sosial seperti ini,” harapnya. (din)