Home > METRO BERITA > Puluhan Pelajar Jepang Pelajari Budaya Semarangan di SMPN 2

Puluhan Pelajar Jepang Pelajari Budaya Semarangan di SMPN 2

Siswa-siswa SMPN 2 Semarang antusias menyambut pelajar Jepang yang berkunjung ke seolah mereka. Foto Metrosemarang/MS-06
Siswa-siswa SMPN 2 Semarang antusias menyambut pelajar Jepang yang berkunjung ke seolah mereka. Foto Metrosemarang/MS-06

SEMARANG – Sebanyak 93 pelajar asal Jepang melakukan liburan ke Semarang. Senin (18/8/2014), puluhan remaja yang berusia rata-rata 14 tahun tersebut berkunjung ke SMPN 2 Semarang.

Menurut Wakil Kepala Sekolah SMPN 2 Semarang, Martono, kedatangan tamu dari Jepang tersebut telah dipersiapkan oleh para siswanya. Selama di Kota ATLAS, mereka akan mempelajari beberapa budaya Semarangan seperti tari-tarian dan gamelan.

Dikatakan Martono, puluhan pelajar dari Jepang itu adalah putra-putri karyawan YAZAKI. Perusahaan tersebut memiliki anak perusahaan di berbagai negara, seperti Thailand, Vietnam, Australia, Amerika dan 40 negara lainnya. Setiap tahun YAZAKI mengadakan summer camp dengan mengunjungi negara-negara tempat anak perusahaan tersebut.

Kedatangan mereka kemarin disambut siswa-siswi SMP 2 dengan lambaian bendera kecil-kecil, bendera Indonesia dan Jepang yang telah disiapkan sebelumnya. Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Semarang, Sudjono berharap, ke depan bisa diadakan kerjasama di bidang pendidikan yang melibatkan pemerintah. “Kerjasama di bidang pendidikan, semacam sister school,” katanya. (joe)