Home > METRO BERITA > Puluhan Petugas Samsat Semarang Ngebut Layani Balik Nama Gratis

Puluhan Petugas Samsat Semarang Ngebut Layani Balik Nama Gratis

METROSEMARANG.COM – Meningkatnya permintaan masyarakat yang mengurus pembebasan bea balik nama (BBN) pada bulan ini rupa-rupanya membuat puluhan petugas kantor Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Samsat III Kota Semarang, kewalahan.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Puji Astuti Kepala UP3AD Samsat III Semarang menyebut, banyak petugasnya yang terpaksa kerja hingga larut malam demi merampungkan pengerjaan pembebasan bea balik nama.

“Karena rata-rata saban hari yang mengajukan balik nama gratis mencapai 400 lembar, maka saya kerahkan 50 petugas Samsat, DPKAD yang dibantu polisi untuk ekstra keras merampungkan pekerjaan tersebut. Mereka melayani cabut berkas, mutasi, dan cek fisik,” ungkap Puji saat ditemui metrosemarang.com, di kantornya, Rabu (14/12).

Ia mengaku jumlah tersebut meningkat pesat dari kondisi normal hanya berkisar 30-40 lembar sehari. Permintaan balik nama itu mulai proses mutasi keluar maupun masuk ke wilayah kerjanya.

“Tapi sekarang didominasi 50 persen mutasi keluar wilayah Samsat III,” jelasnya.

Selain pembebasan balik nama, menurutnya, denda pajak bermotor juga digratiskan. Program ini berlaku mulai 1 Desember-30 Desember hingga pukul 15.00 WIB sore.

Ia menegaskan penggratisan balik nama untuk kendaraan bermotor sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) No. 46/2016 tentang Tata Cara Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Bagi Kendaraan Bermotor Dalam Provinsi Jawa Tengah dan Pembebasan Sanksi Administratif Pajak Kendaraan Bermotor.

Untuk syarat-syarat pembebasan bea balik nama kendaraan, ia menyatakan cukup melampirkan surat fiskal antar daerah, melakukan cek fisik kendaraan, menyertakan kuitansi pembelian motor, ditambah melampirkan BPKB, STNK dan KTP asli dan fotokopi. Ia bilang semuanya gratis.

“Cek fisik tanpa dipungut ongkos sama sekali dan bisa dilakukan di kantor Samsat manapun,” katanya seraya menjamin bahwa proses penggratisan balik nama dapat dilakukan super cepat karena dibantu oleh petugas Ditlantas Polda Jateng. (far)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link