Home > METRO BERITA > Pungli Angkut Barang Muncul di Bandara Ahmad Yani

Pungli Angkut Barang Muncul di Bandara Ahmad Yani

METROSEMARANG.COM – Aksi pungutan liar (pungli) wraping (pengepakan) barang dilaporkan marak terjadi di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Bahkan, sebuah Facebook bernama Riska Dwi Rahmawati mengeluhkan pembayaran wraping yang membengkak sampai Rp 135 ribu.

Ilustrasi Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

Riska Dwi Rahmawati juga mengatakan sempat dipaksa petugas bandara untuk melakukan wraping barang bawaannya sebelum naik pesawat.

“Perhatian-perhatian. Barusan jam 13.00 d bandara ahmad yani. Saya barusan masuk mau cek in d maskapai garuda tp sebelum masuk ke tempat cek in ada beberapa oknum yg memaksa koper dan kardus bawaan saya d paksa untuk d packing.. saya pikir itu free.. ternyata zonk.. saya d suruh bayar dengan harga 135ribu.. pdhl d tempat packing itu terdapat tulisan 50ribu dan d diskon 50%.. tp oknum tsb memaksa untuk membayar 135ribu.. tolong kepada bapak walikota bapak gubernur bapak direktur angkasa pura 2 untuk memberi peringatan bagi oknum ini.. terimakasih,” katanya.

Tak hanya itu saja, kata Rizka, seusai melakukan wraping ia pun dimintai beberapa uang yang tidak sesuai dengan tarif di loket pembungkusan barang.

Saat dikonfirmasi secara terpisah, juru bicara PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Hidya Putri, akhirnya membenarkan bahwa memang ada petugasnya yang melakukan pungli.

Menurutnya, calon penumpang yang mengomplain wraping barang itu berasal dari maskapai Garuda Indonesia. “Benar saat ini tenant yang melakukan wraping sudah kami panggil. Kami sedang menyelidiki apakah kasus itu benar-benar terjadi,” ungkapnya, Kamis (22/9).

Ia kini tengah menyelidiki kasus pungli tersebut termasuk apakah petugasnya terlibat atau tidak. (far)