Home > METRO BERITA > Punya Gedung UDD Baru, PMI Semarang Tingkatkan Pelayanan

Punya Gedung UDD Baru, PMI Semarang Tingkatkan Pelayanan

image
Gedung UDD PMI Kota Semarang. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PMI Semarang merealisasikan gedung UDD (unit donor darah) baru. Gedung  baru ini memiliki kualitas yang lebih baik dan peralatan yang lebih canggih. Salah satunya adalah kantong darah khusus anak-anak yang disendirikan, dinamakan pediatric bag.

Ketua PMI Kota Semarang, Saman Kadarisman mengatakan, pihaknya memiliki mimpi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Mimpi kami baru terwujud sekarang ini dengan membangun gedung UDD dengan periode selama satu tahun,” beber Saman.

Dia berharap dengan adanya fasilitas-fasilitas yang baru dan berkualitas jumlah pendonor tetap bisa bertahan atau bahkan semakin meningkat.

Menurut Saman, bangunan senilai Rp 9,98 miliar ini memiliki kualitas yang lebih baik dan peralatan yang lebih canggih. Salah satunya adalah kantong darah khusus anak-anak yang disendirikan, dinamakan pediatric bag. “Dokter sudah menulis berapa cc, kemudian PMI memproses darah tersebut sesuai dengan permintaan dokter,” jelasnya.

Dengan teknologi pediatric bag ini darah yang sisa bagi pasien anak tidak dibuang cuma-cuma. Karena hal itu akan sangat berbahaya, dengan sistem yang terbuka bakteri akan mudah masuk dan akan menimbulkan kematian.

Fasilitas lain yaitu pemeriksaan darah secara otomatis. Hal ini mengurangi human error. Menurut Saman, Pemeriksaan donor AVELESIS memiliki banyak keuntungan. Di antaranya adalah darah yg diambil merupakan komponen yg dibutuhkan saja.

Gedung UDD PMI Semarang ini memiliki empat lantai. Lantai 1 untuk pelayanan administrasi donor darah dan kafetaria. Lantai 2 untuk lab dan pengambilan darah pasien. Lantai 3 untuk pengurus, serta lantai 4 untuk aula. (joe)