Home > METRO BERITA > KULINER > Puri Maerokoco: Sensasi Berkeliling Jawa Tengah dalam Sehari

Puri Maerokoco: Sensasi Berkeliling Jawa Tengah dalam Sehari

image
Miniatur Menara Kudus di Puri Marokoco. Foto Metrosemarang/dok wikipedia

PERNAHKAH kamu mengelilingi seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah dalam sehari? Jika belum, datang saja ke obyek wisata Puri Maerokoco yang terletak di samping PRPP.

Obyek wisata yang mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) versi Jawa Tengah ini dulunya diresmikan oleh mantan Presiden Soeharto. Isinya adalah 35 anjungan yang mewakili kekhasan 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Anjungan-anjungan ini tidak ditata sembarangan, melainkan menyesuaikan dengan letak geografis dan topografis tiap daerah yang diwakili secara nyata. Tidak hanya itu, besar kecilnya tiap anjungan juga disesuaikan dengan luas wilayah nyata tiap kabupaten/kota. Sehingga meskipun hanya sebagai miniatur, namun seluruh anjungan di Puri Maerokoco merepresentasikan kondisi asli tiap daerah.

Sebagai gambaran, anjungan Kabupaten Sragen dibangun di atas lahan seluas 946,49 meter persegi untuk merepresentasikan luas wilayah yang sebenarnya, yakni 946,49 kilometer persegi. Untuk memperkuat representasi Kabupaten Sragen pada anjungan ini, dibangun pula gerbang dengan replika gading gajah di atasnya, seperti bentuk gapura pada pintu masuk Museum Manusia Purba Sangiran.

Juga anjungan Kabupaten Wonosobo, yang dibangun di atas lahan seluas 984,68 meter persegi. Menyerupai aslinya, anjungan Kabupaten Wonosobo berbatasan dengan Gunung Sindoro dan
Gunung Sumbing mini di bagian timur, dan Dataran Tinggi Dieng di
bagian utara. Sedangkan di bagian selatan, berbatasan dengan tiruan Waduk Wadaslintang.

Secara keseluruhan, Puri Maerokoco layak untuk dijadikan wahana wisata edukasi bagi anak-anak yang ingin mengenal kekayaan tiap daerah. Selain itu, saat ini Puri Maerokoco juga terbuka untuk berbagai kegiatan seperti arisan keluarga, study tour dan lain sebagainya.

Jika ada anggota keluarga kamu yang berlibur ke Semarang, tidak ada salahnya diajak berwisata sambil mengenal potensi daerah Jawa Tengah di Puri Maerokoco. (ren)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link