Home > METRO BERITA > Ragu Kualitas Air? Bisa Panggil Mobil Laboratorium Keliling

Ragu Kualitas Air? Bisa Panggil Mobil Laboratorium Keliling

METROSEMARANG.COM – PDAM Tirta Moedal Kota Semarang kini memiliki mobil laboratorium keliling. Kendaraan ini dapat digunakan melayani jika ada komplain dari masyarakat tentang kualitas air.

Instalasi Pengolahan Air (IPA) mobile milik PDAM Kota Semarang ini bisa digunakan membantu korban bencana yang membutuhkan air bersih, Kamis (22/12). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

”Kita bisa langsung datang. Masyarakat bisa melihat sebenarnya air yang dites itu sehat atau tidak, bisa dilihat. Tanpa harus membawa air itu, diambil ke PDAM, dicek di laboratoirium, itu kelamaan. Jadi datang, dicek, disaksikan oleh pelanggan,” kata Direktur PDAM Tirta Moedal, Etty Laksmiwati, Kamis (22/12).

Selain mobil laboratorium keliling, PDAM juga mempunyai Instalasi Pengolahan Air (IPA) mobile atau keliling. Armada roda empat warna biru itu merupakan pengolahan air dengan kapasitas 2,5 liter/detik. Dapat digunakan memberi bantuan kepada korban bencana seperti banjir.

”Misalnya banjir yang kemarin terjadi di Meteseh, kita datang saja, kita gunakan air yang meluap itu, kita proses, langsung bisa untuk bantuan ke masyarakat,” ujar Etty.

Air hasil olahan IPA mobile ini bisa digunakan secara gratis. IPA mobile ini hasil inovasi karyawannya guna memberikan pelayanan lebih kepada masyarkat, khususnya pelanggan PDAM. ”Kualitasnya juga bagus, kita trial, sudah siap dioperasikan,” kata Etty. (duh)