Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Rahasia Resep Kue Putu Istimewa

Rahasia Resep Kue Putu Istimewa

kue putu

KUE putu adalah jajanan pasar yang mungkin sudah jarang kita temukan di Semarang. Kue putu diolah dari tepung beras, kelapa dan gula merah yang dimatangkan dalam buluh-buluh bambu berbentuk tabung, yang diletakkan di atas lubang kukusan beraliran uap panas.

Putu yang telah atang kemudian didorong keluar dari buluh bambu, lalu ditaburi kelapa parut yang masih muda serta gula pasir. Rasanya gurih-gurih nikmat.

Penjual kue putu biasanya menjajakan dagangannya dengan membawa gerobak pikul untuk mematangkan kue putu yang dipesan pembeli. Cara mengenali penjual putu mudah saja, yaitu dengan mendengarkan suara uap air yang keluar melalui salah satu lubang di gerobak pikul, sehingga menghasilkan suara mirip tiupan sempritan panjang.

Sayangnya karena makin sedikitnya penjual putu di kota ini, kita pun jadi kesulitan untuk menyantap cemilan manis ini.

Bagi Anda yang ingin menyantap kue putu, Anda bisa membuat kue putu sendiri di rumah dengan mengikuti resep berikut ini :

Bahan :

* 375 gram tepung beras kering

* 125 gram gula merah, serut

* 300 ml air

* 1/2 sdt garam

* 2 lembar daun pandan

* 150 gram kelapa parut yang sudah dikukus dengan garam.

Resep :

  1. Rebus air bersama garam dan daun pandan hingga mendidih. Angkat, biarkan hangat lalu tuangkan dalam adonan tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan hingga terbentuk butiran kasar.
  2. Ambil buluh bambu, isi dengan tepung beras kasar lalu tambahkan serutan gula merah. Masukkan lagi tepung beras. Ratakan.
  3. Kukus dengan api besar selama 5-10 menit. Sajikan dengan taburan kelapa parut dan gula pasir selagi masih hangat. (ren)