Home > METRO BERITA > Raih EKUP, Kualitas Udara di Semarang Masih Baik

Raih EKUP, Kualitas Udara di Semarang Masih Baik

METROSEMARANG.COM – Kemacetan dan angkutan umum tidak layak jalan sering disebut permasalahan serius di Kota Semarang. Namun nyatanya kualitas udara di Kota Semarang dinilai baik. Hal itu dibuktikan dengan diterimanya penghargaan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) Tahun 2016.

Kepala BLH Kota Semarang, Gunawan Saptogiri (dua dari kanan) saat menerima penghargaan EKUP dari Kementerian Lingkungan Hidup bersama sejumlah kota lainnya. Foto: istimewa

Berdasarkan rilis Bagian Humas Setda Kota Semarang, ditegaskan Kota Semarang meraihnya untuk kategori Kota Metropolitan terbaik ke 2 dari Kementrian Lingkungan Hidup, Rabu (14/12), di Hotel Shangrila Jakarta.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementrian Lingkungan Hidup kepada Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Semarang, Gunawan Saptogiri.

Indikator penilaian dalam penghargaan ini, di antaranya penilaian dari kualitas udara akibat transportasi. Antara lain seperti uji emisi kendaraan, traffic counting, uji udara ambience roadside, kualitas bahan bakar, serta manajemen transportasi berkelanjutan.

Gunawan Saptogiri mengatakan, selama ini BLH memang telah melakukan sejumlah upaya. Di antaranya penanaman pohon yang berfungsi sebagai penyerap zat polusi udara, pengawasan terhadap emisi cerobong industry, uji emisi kendaraaan secara berkala, pemantauan kualitas udara ambient di 16 kecamatan, 7 kawasan industry, serta 8 roadside.

‘’Kami berharap seluruh masyarakat tetap dapat menjaga dan meningkatkan kualitas udara di Kota semarang. Dengan banyak melakukan penanaman pohon, merawat kendaraan, serta penggunaan bahan baku yang ramah lingkungan,’’ katanya. (duh)