Home > METRO BERITA > Rangkaian Semarang Historie Dimulai Esok Hari

Rangkaian Semarang Historie Dimulai Esok Hari

Koferensi Pers Semarang Historie di Restoran Semarang (29/08) (foto: mam)
Koferensi Pers Semarang Historie di Restoran Semarang (29/08) (foto: mam)

Rangkaian acara Semarang Historie dari Komunitas Lopen Semarang segera dimulai esok hari. Untuk esok akan dimulai dengan Histography, sebuah lomba fotografi yang mengangkat tema sejarah dan dikemas dalam kegiatan mini trip. Peserta akan berkeliling menuju beberapa tempat bersejarah yang ada di kota Semarang, dan mengabadikan tempat-tempat tersebut melalui foto.

“Para calon peserta Histography diharapkan berkumpul esok hari di Taman Makam Pahlawan pukul 09.00 WIB. Selanjutnya akan dibawa ke Kota Lama dan Kampung Melayu serta beberapa situs bersejarah di kota Semarang”, jelas Budi ‘Mamot’ Adityo, Project Officer Semarang Historie, siang tadi (29/08) di Restoran Semarang, Jl. Gajahmada.

Yang kedua adalah Journalist Writing & Photo Contest, sebuah lomba penulisan artikel/berita mengenai aksi pelestarian warisan sejarah di kota Semarang dan acara Semarang Historie yang dilaksanakan hingga 04 September 2014. Pesertanya tidak hanya untuk insan pers, namun juga buat khalayak umum yang berminat di bidang jurnalistik.

Yang ketiga adalah Heritage Race, sebuah lomba yang dilakukan secara berkelompok ini akan mengajak pesertanya berpetualang menelusuri kawasan bersejarah di kota Semarang dengan menggunakan kendaraan umum. Peserta harus memecahkan teka-teki dan tantangan yang diberikan sebelum mencapai garis finish. Acara ini diselenggarakan tanggal 06 September 2014.

Acara terakhir sekaligus puncak adalah Malam Penghargaan yang dilaksanakan pada tanggal 08 September 2014 di Museum Ranggawarsita. Malam Penghargaan ini adalah penganugerahan untuk pemenang dari setiap kegiatan di Semarang Historie yang akan dimeriahkan oleh Aljabar, Stand Up Comedy Kota Semarang dan Rodra Ciptaning.

Sebelumnya, dalam rangka diadakannya acara Semarang Historie, komunitas Lopen Semarang melakukan acara promosi dalam bentuk roadshow ke beberapa sekolah menengah atas yang ada di Semarang. Roadshow dilaksanakan dari tanggal 12 – 19 Agustus 2014 lalu di beberapa sekolah, yaitu SMA Kestarian 1, SMA N 5, SMA N 11 dan SMA Kesatrian 2.

Kegiatan acara roadshow berupa pemberian materi dari Lopen Semarang mengenai sejarah yang ada di Semarang, sejarah penjajahan Belanda, materi penjelasan acara Semarang Historie, dan beberapa games menarik. Selain itu, roadshow juga diisi materi penjelasan mengenai Pemilihan Duta Museum Jawa Tengah 2014 oleh pihak Museum Ranggawarsita. (mam)