Home > METRO BERITA > Rawan Tumbang, Pemkot Diminta Awasi Pohon Peneduh di Jalur Mangkang

Rawan Tumbang, Pemkot Diminta Awasi Pohon Peneduh di Jalur Mangkang

METROSEMARANG.COM – Pohon tumbang di Jalan Raya Mangkang KM 15, Rabu (7/9) sore sempat melumpuhkan arus lalu lintas dan melukai dua pengendara motor. Pemkot Semarang melalui dinas terkait diminta rutin melakukan pemeliharaan pohon peneduh yang berada di tepi jalan.

Pohon tumbang di Jalan Raya Mangkang, Rabu (7/9). Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Pohon tumbang di Jalan Raya Mangkang, Rabu (7/9). Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Pasalnya, pohon tumbang tersebut ambruk mulai dari pangkal paling bawah sehingga menutup seluruh akses jalan dari arah Mangkang menuju Kota Semarang. Aparat perangkat Kelurahan Mangunharjo mulai dari Lurah, Babinsa, Babinkamtibmas hingga kepolisian Polsek Tugu turun ke lokasi untuk menyingkirkan pohon dengan gergaji mesin.

Agar kejadian serupa tak terulang, Lurah Mangunharjo Sutaman akan mengusulkan ke Pemerintah Kota untuk dilakukan penebangan pohon yang terlihat sudah tua dan membahayakan. Ia menambahkan, pohon yang tumbang sesaat sebelum ambruk sempat mengeluarkan bunyi seperti kayu dibelah.

“Nanti saya usulkan ada satu pohon lagi yang ditebang, karena batangnya sudah pecah. Ini juga tidak ada hujan tidak ada angin tiba-tiba rubuh,” katanya.

Sementara itu, salah satu petugas kepolisian dari Polsek Tugu mengungkapkan ada dua orang yang dilarikan ke RS Tugurejo karena tertimpa pohon. Dua korban tersebut diduga pengendara sepeda motor Vespa dan Kawasaki Blitz R. “Ada dua orang dibawa ke RS Tugu,” katanya. (din)