Home > METRO BERITA > Refleksi Sumpah Pemuda, Siswa SMP Islam Sultan Agung 4 Gelar Aksi Seribu Puisi

Refleksi Sumpah Pemuda, Siswa SMP Islam Sultan Agung 4 Gelar Aksi Seribu Puisi

METROSEMARANG.COM – Seribu Puisi dibacakan dalam rangkaian Bulan Bahasa dan Peringatan Sumpah Pemuda di halaman SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang, Jumat (28/10). Puisi tersebut merupakan karya 405 siswa dan para guru.

Aksi Seribu Puisi di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang, Jumat (28/10). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Aksi Seribu Puisi di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang, Jumat (28/10). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Puisi-puisi itu ditulis pada kertas warna-warni kemudian dipasang pada pohon yang juga dibuat oleh para siswa. Total ada empat buah pohon buatan yang dipasang di halaman kelas.

“Sebelumnya anak-anak sudah mengumpulkan puisi ke wali kelas. Guru juga ikut nulis puisinya,” tutur Nur Kholis, Kepala SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang.

Seribu Puisi dijadikan sebagai refleksi atas momentum peringatan Sumpah Pemuda. “Kalau perayaan Bulan Bahasa sudah dua kali ini, tapi puisi baru sekali ini,” imbuhnya.

Menurut Nur Kholis pembuatan puisi juga untuk melatih siswa serta guru pada literasi. Tidak semua guru serta siswa bisa menulis puisi, sehingga dengan even Seribu Puisi bisa menumbuhkan semangat mereka untuk berkarya.

Rangkaian peringatan Sumpah Pemuda akan berlangsung hingga Sabtu besok. “Besok masih ada lomba lagu dolanan anak sebagai penutup,” terangnya.

Selain aksi Seribu Puisi, ada pula gerakan pelajar membaca. Pada kegiatan tersebut seluruh siswa diwajibkan membaca buku serentak selama 15 menit. (vit)