Home > METRO BERITA > Sosialita > Reinardus Saputra: Fasih Berbahasa Jepang Berkat Lagu

Reinardus Saputra: Fasih Berbahasa Jepang Berkat Lagu

Reinardus Prima Saputra (foto: Metro Semarang/Ade Lukmono)
Reinardus Prima Saputra (foto: Metro Semarang/Ade Lukmono)

Tidak hanya fasih berbahasa Indonesia, namun pelajar kelas XI SMK N 7 Semarang ini juga fasih mengucapkan kata-kata dalam bahasa Jepang. Kemampuannya itu dia dapat sejak mulai menyukai musik-musik dari negeri matahari terbit tersebut.

Band bentukan Reinardus Prima Saputra bersama temannya memang lebih dominan membawakan lagu-lagu berbahasa Jepang. “Sebagian ada yang berbahasa Inggris,” kata pemuda asal Semarang ini.

Karena keunikannya tersebut, dia sering mendapat tawaran bermain di panggung sekolah. Selain itu, dia bersama teman Band-nya juga didaulat mewakili sekolah dalam beberapa parade Band setingkat SMA/ SMK.

Namun dia mengaku, tidak mengerti sepenuhnya mengenai arti per kata dari setiap bahasa Jepang yang diucapkan. “Kalau diartikan secara keseluruhan, saya paham isi lagunya,” ujarnya. Sebelumnya, dia bahkan tidak bisa berbahasa Jepang sebelum bermain musik.

Dalam memahami dan mengucapkan lagu, dia dibantu gitaris Band yang dia beri nama Cunk. Gitaris tersebut kebetulan menjadi ketua ekstrakulikuler bahasa Jepang, jadi dia bisa bertanya mengenai arti dan pengucapan. (ade)