Home > METRO BERITA > Rekannya Dipolisikan, Mahasiswa Unnes Gelar Aksi Solidaritas di Polrestabes Semarang

Rekannya Dipolisikan, Mahasiswa Unnes Gelar Aksi Solidaritas di Polrestabes Semarang

METROSEMARANG.COM – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Unnes mendatangi kantor Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang, (2/8). Mereka menggelar aksi solidaritas mengawal pemeriksaan Julio Belnanda, mahasiswa yang terjerat kasus Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) karena mengkritik Menristekdikti M Nasir.

Aksi solidaritas mahasiswa Unnes di Mapolrestabes Semarang, Rabu (2/8). Foto: metrosemarang.com

Dengan menenteng spanduk bertuliskan “Menolak Pembungkaman Demokrasi di Universitas” aliansi mahasiswa tersebut ‘mengepung’ dan berorasi di depan kantor Polrestabes Semarang.

Mereka juga menuntut Julio dibebaskan atas kasus yang menjeratnya. “Sangat kami sayangkan, seharusnya ini masalah internal, tapi arogansi rektor membawanya ke polisi,” kata koordinator aksi, Husni Mubarok.

Sementara, Kabaghumas Polrestabes Semarang, Kompol Suwarna mengatakan sejauh ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap para terlapor. “Julio masih kami periksa. Statusnya saksi terlapor. Untuk Haris akan kami periksa besok,” terangnya.

Hingga saat ini Julio masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik dengan didampingi kuasa hukumnya sejak pukul 10.00 WIB.

Seperti diketahui, dua mahasiswa Unnes, Julio Belnanda dan Harist Achmad Mizaki dilaporkan pihak rektorat setelah nekat mengkeritik Menristekdikti, Muhammad  Nasir melalui jejaring sosial dengan mengunggah foto bernada satir berupa piagam.

Piagam tersebut bertuliskan penghargaan untuk Mohamad Nasir (Menristek) atas capaian mencederai asas ketunggalan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Perguruan Tinggi pada 7 Mei 2017. Keduanya dijerat Pasal 45 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan 310 KUHP. (yas)