Home > METRO BERITA > Rektor Undip Buka Pekan Peringatan 10 Tahun Munir

Rektor Undip Buka Pekan Peringatan 10 Tahun Munir

image
Rektor Universitas Diponegoro Prof Sudharto P Hadi membuka Pameran Tunggal Tribute To Munir karya Saifuddin Hafiz di Gedung Noariat Undip Pleburan, Minggu (7/9). Foto Metrosemarang

SEMARANG – Pameran lukisan tunggal Tribute To Munir karya Saifuddin Hafiz menjadi penanda dimulainya Pekan Peringatan 10 Tahun Kematian Munir. Pameran dibuka oleh Rektor Universitas Diponegoro Prof Sudharto P Hadi di Gedung Notariat, Komplek Auditorium Undip, Minggu (7/9) malam.

Hafiz, Seniman jebolan STSI Solo (sekarang ISI Surakarta) memamerkan 15 karya yang ia kerjakan sejak Oktober 2012 hingga Mei 2014. Selama dua tahun hidupnya ia dedikasikan untuk Munir dengan menghabiskan dana sekitar Rp 10 juta. 

Ada bermacam variasi ukuran. Yang paling kecil berukuran 48cm x 93cm dan paling besar 145cm x 7 meter. Sebagian digambar dengan Crayon on Paper, lainnya menggunakan acrilic on kanvas.

“Saya tidak memikirkan aliran lukisan tertentu. Lebih penting konsep dan ide yang saya gali dari tulisan-tulisan Munir dan buku-buku tentang dia,” kata pria kelahiran Solo, 6 Agustus 1970 ini. 

Hafiz mengatakan karyanya adalah sebuah penghormatan untuk Munir Said Thalib yang ia sebut sebagai pejuang hak asasi manusia terpenting negeri ini. “Karya ini adalah sebuah sikap, komitmen, sekaligus dedikasi seni dan kebudayaan bagi kemanusiaan,” katanya.

Acara yang digagas Koalisi Semarang untuk Munir ini masih akan berlangsung hingga Kamis (11/9). Pada Selasa (9/9) digelar Panggung Budaya Melawan Lupa oleh seniman dan mahasiswa pekerja seni Kota Semarang.(MS-08)