Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Rektor Undip: Penyebaran Poster ‘Garuda Ku Kafir’ Langgar Aturan

Rektor Undip: Penyebaran Poster ‘Garuda Ku Kafir’ Langgar Aturan

METROSEMARANG.COM – Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Yos Johan Utama memastikan penyebaran poster blok merah bertuliskan ‘Garuda Ku Kafir’ di kampusnya telah melanggar aturan yang telah ditetapkan civitas akademika setempat. Musababnya, poster tersebut diterbitkan tanpa persetujuan BEM dan Senat sebagai lembaga tertinggi di bidang kemahasiswaan.

Yos Johan Utama
Foto: metrosemarang.com/dokĀ 

“Maka dari itu, kami akan melakukan penegakan sanksi-sanksinya. Seberapa berat sanksinya tentu tergantung kesalahannya. Semuanya diproses. Pekan depan diumumkan. Saat sidang, mereka boleh didampingi penasehat hukumnya,” tegas Yos di depan wartawan, Senin (22/5).

Yos bilang telah menetapkan lima mahasiswa FISIP sebagai pelaku penyebar poster. Dari lima orang, terdapat empat laki-laki dan seorang perempuan.

Yos mengatakan seorang mahasiswa inisial AMM bahkan diduga kuat jadi pelaku utama penyebad poster provokatif. Tak menutup kemungkinan pula, AMM akan diseret ke jalur hukum.

Ia telah menyiapkan hukuman terberat bagi mereka. Bagi yang melanggar hukum, Yos berkata sanksinya ialah dikeluarkan dari kampus alias drop out. Tetapi masih ada opsi lainnya yang bisa ditempuh dengan skorsing kuliah dan hukuman lainnya yang dianggap mendidik.

“Kami menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. NKRI harga mati,” ujar Yos.

Soal kelanjutan diskusi ‘Garuda Ku Kafir’, ia menyatakan sebelum acaranya dimulai, sudah disetop oleh pihaknya.

“Itu tindakan liar. Toh itu cuma diskusi di emperan parkir yang paling banter diikuti 15 orang saja. (Penghentian diskusi) itu kita lakukan karena tidak ada izinnya, tidak ada restu dari pimpinan fakultas,” kata Yos.

Pasca kejadian ini, ia berjanji akan mengumpulkan semua pengurus organisasi kemahasiswaan yang ada di tiap fakultas. Tujuannya memberi pengarahan sekaligus memperkuat aturan sesuai kebijakan yang berlaku di Undip. (far)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link