Home > METRO BERITA > Rem Blong, Truk Bermuatan Bir Tabrak Rumah di Banyumanik

Rem Blong, Truk Bermuatan Bir Tabrak Rumah di Banyumanik

METROSEMARANG.COM – Sebuah truk bernomor polisi DK 9430 WJ hilang kendali di Jalan Perintis Kemerdekaan, Banyumanik, Kamis (14/9) sekira pukul 18.00. Tak hanya itu, truk yang bermuatan 2.000 dus bir atau sekitar 20 ton itu juga menghantam sebuah rumah dan mobil.

Kecelakaan di turunan Jalan Perintis Kemerdekaan Banyumanik, Kamis (14/9) malam. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Kejadian tersebut bermula dari truk yang dikemudikan oleh I Wayan Sumerta yang melintas di jalan tersebut hendak menuju ke Bali. Sesampai di lokasi kejadian tiba-tiba rem tak berfungsi tepat di bangjo depan terminal Banyumanik yang saat itu sedang hijau.

Wayan mengatakan, saat keberangkatan dari Karangjati, truknya dalam kondisi baik dan tidak mengalami rem blong. “Dari berangkat itu baik-baik saja, sampai lampu merah tadi posisi hijau, di lajur kanan dan di depan saya itu masih ramai. Daripada makan korban jiwa, saya buang (banting stir) ke kiri,” ujarnya.

Pada saat kejadian, lanjut Wayan, truknya melaju dengan kecepatan rendah. Saat itu di jalan sekitar lokasi kejadian sedang padat kendaraan. Sehingga wayan mengarahkan truknya ke lajur kiri hingga pada akhirnya keluar jalur dan menghantam rumah milik Denny Siswanto.

Akibatnya, truk tersebut terguling di depan rumah serta menghantam satu mobil Honda Brio bernomor polisi H 9181 RG milik Denny.

“Saat itu saya hanya pikirkan yang penting tidak ada korban jiwa, karena padat sekali jalannya tadi, ya sudah saya banting ke kiri, terperosok dan masuk ke rumah ini,” jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sopir truk, Wayan hanya mengalami lika ringan di beberapa bagian tubuh.

Sementara itu, salah seorang Petugas Unit Laka Lantas Polrestabes Semarang, Iptu Jumantri mengatakan dugaan awal penyebab kecelakaan tersebut adalah rem yang tidak berfungsi. Namun guna penyelidikan lebih lenjut, Supir beserta kendaraan diamankan oleh petugas.

“Sopir kita amankan ke Unit Laka, Truk seisinya juga diamankan karena ada kerugian materi,” pungkasnya. (fen)