Home > METRO BERITA > Rencana Moratorium Ujian Nasional, Bunyamin: Kita ‘Welcome’

Rencana Moratorium Ujian Nasional, Bunyamin: Kita ‘Welcome’

METROSEMARANG.COM – Rencana moratorium (penghapusan) Ujian Nasional (UN) masih bergulir. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Bunyamin menegaskan pihaknya saat ini masih menunggu keputusan pemerintah.

Kepala Disdik Kota Semarang, Bunyamin. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Kepala Disdik Kota Semarang, Bunyamin. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Bunyamin mengaku memang sudah melihat berita terkait rencana moratorium UN tersebut. Namun ia mengatakan hingga saat ini masih belum ada keputusan final.

“Masih dipertimbangkan, makanya kami yang di lapangan apapun keputusannya akan kami laksanakan,” jelasnya saat ditemui metrosemarang.com usai mengisi acara di SMKN 7 Semarang, Senin (28/11) sore.

Menurut Bunyamin sebenarnya tidak masalah jika memang UN akan dihapus. Meskipun memang awalnya di semua jenjang pendidikan ada UN tapi kemudian SD menjadi jenjang pertama yang meniadakannya.

Keputusan peniadaan UN di tingkat SD yang diganti dengan ujian sekolah juga telah dilaksanakan dan pihaknya juga mengikuti aturan itu. “Ketika UN di SD dihapus dan diganti ujian sekolah kita welcome,” imbuhnya.

Hanya saja ia menegaskan, harus ada teknis aturan menindaklanjuti UN yang ditiadakan. Terlebih lagi pihaknya yang langsung terjun ke lapangan juga membutuhkan aturan tertulis sebagai pedoman. Tanpa pedoman maka pihaknya juga akan kesulitan. “Yang utama adalah ada pedoman buat kami yang di lapangan ini,” tegasnya.

Terkait masalah anak-anak yang sudah belajar bahkan mengikuti les tambahan untuk menghadapi UN, Bunyamin merasa tidak ada masalah. “Untuk jadi tambah pintar saya rasa tidak masalahkan,” imbuhnya.

Meski demikian pihaknya menegaskan akan memberikan penjelasan serta sosialisasi dan pendampingan kepada sekolah-sekolah terkait informasi moratorium ini. “Tentu kami akan infokan ke teman-teman, sekolah, juga anak-anak, akan kami sosialisasikan,” pungkasnya. (vit)

Tinggalkan Balasan