Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > ‘Request’ Mendikbud, Pemilihan Rektor Unnes Dipercepat

‘Request’ Mendikbud, Pemilihan Rektor Unnes Dipercepat

image

SEMARANG – Tak lama lagi, Universitas Negeri Semarang (Unnes) bakal punya rektor baru. Besok, Senin (29/9) Senat Unnes bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dijadwalkan memberikan suara pada pemilihan rektor Unnes periode 2014-2018. Waktu pemilihan ini lebih cepat dari yang ditentukan sebelumnya, yakni pada 2 Oktober 2014.

Menurut panitia, percepatan itu adalah permintaan Kementerian Pendidikan. “Kami sesuaikan dengan permintaan Mendikbud. Barangkali supaya pemilihan di Unnes bisa dilaksanakan bersamaan dengan Undip,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unnes, Hendi Pratama.

Menurutnya, menteri ataupun perwakilannya kemungkinan akan ke Universitas Diponegoro (Undip) lebih dulu untuk melaksanakan agenda serupa. Sehingga, pemilihan rektor di Unnes dijadwalkan siang hari, pukul 14.00. 

Berdasar Permendikbud Nomor 33 Tahun 2012 disebutkan, menteri memiliki 35% hak suara dari total pemilih, sedangkan senat memiliki 65% hak suara. Jika terdapat 2 calon yang memperoleh suara tertinggi dengan jumlah suara yang sama, maka dilakukan pemilihan putaran kedua pada hari yang sama.

Sementara, dalam pemilihan rektor Unnes ini, ada tiga calon rektor yang telah dipilih oleh Senat Unnes pda 11 September 2014 lalu. Rektor Unnes petahana, Prof Fathur Rokhman, unggul dalam pemilihan oleh senat, dengan perolehan 38 suara. Prof Masrukhi, meraih 23 suara dan Dr Edy Cahyono mendapat 7 suara. Bakal calon rektor Prof Soesanto meraih 1 suara. Sedangkan tiga calon lainnya adalah Dr Achmad Rifai, Dr Martitah, dan Dr Suwito Eko Pramono, tidak mendapat suara satu pun. (MS-06)