Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Resmi Beroperasi, Kapal Express Bahari Siap Layani Rute Kendal-Karimunjawa

Resmi Beroperasi, Kapal Express Bahari Siap Layani Rute Kendal-Karimunjawa

METROSEMARANG.COM – Kapal cepat Express Bahari 2 resmi beroperasi, Selasa (23/8). Selama dua kali dalam sepekan, kapal ini bakal melayani perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Kendal menuju Karimunjawa.

Kapal berkapasitas 300 penumpang ini akan melayani perjalanan Kendal – Karimunjawa dua kali dalam seminggu, yakni setiap Selasa dan Jumat. “Pengoperasian kapal cepat ini, untuk menambah perjalanan ke pulau Karimunjawa yang biasanya dilayani dari Semarang maupun Jepara,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah, Satriyo Hidayat saat pelayaran perdana, Selasa (23/8) siang.

Peresmian pengoperasian rute Kendal-Karimunjawa, Selasa (23/8). Foto: metrojateng.com
Peresmian pengoperasian rute Kendal-Karimunjawa, Selasa (23/8). Foto: metrojateng.com

Dikatakan dengan dibukanya rute Kendal Karimunjawa akan menambah pilihan alat transportasi. “Sebelumnya rute ke Karimunjawa dilayani dari Pelabuhan Tanjung Emas maupun Pelabuhan Jepara, kali ini dari Kendal bisa melayani sebanyak dua kali dalam seminggu. Dengan banyaknya pilihan alat transportasi ini diharapkan wisatawan yang ke pulau Karimunjawa bisa tinggal lebih lama,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dishub Kendal, Subarso mengatakan untuk perlayaran perdana hari ini mengangkut 50 penumpang. “Kapal cepat ini mampu menampung sekitar 300 penumpang dengan harga tiket mulai dari Rp 230 ribu hingga Rp 260 ribu  sekali perjalanan,” ujarnya.

Fasilitas di dalam kapal cepat Ekspres Bahari 2 C ini selain ruangan ber AC juga dilengkapi dengan alat pengaman seperti pelampung dan perahu kecil. Jarak tempuh perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Kendal menuju Karimunjawa sekitar tiga jam. Jarak tempuh ini lebih lama satu jam  jika dibandingkan berangkat dari Pelabuhan Jepara. (metrojateng.com/MJ-01)