Home > METRO BERITA > Sosialita > Retno Marsudi: Menlu RI Perempuan Pertama yang Asli Semarang

Retno Marsudi: Menlu RI Perempuan Pertama yang Asli Semarang

image
Retno Marsudi (foto: Jakarta Post)

Retno Lestari Priansari Marsudi, yang baru 2 hari ini ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia di bawah komando Presiden Joko Widodo, ternyata wong Semarang asli.

Seperti dikutip dari Wikipedia, Retno lahir di Semarang pada 27 November 1962. Dia menempuh pendidikan menengah atasnya di SMA Negeri 3 Semarang, lalu melanjutkan pendidikan tinggi di Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Tahun 1985, Retno sudah menyandang gelar sarjana lalu bekerja di Kementerian Luar Negeri Indonesia. 

Retno memulai karirnya dari bawah. Tahun 1990, dia menempati posisi staf penerangan di Kedutaan Besar Indonesia di Australia. Lalu pada tahun 1997 hingga 2001, Retno menjabat sebagai sekretaris satu bidang ekonomi di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Belanda. Pada tahun 2001, ia ditunjuk sebagai Direktur Eropa dan Amerika. Retno dipromosikan menjadi Direktur Eropa Barat pada tahun 2003. Ia lalu memperoleh gelar S2 Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool, Belanda.

Pada tahun 2005, ia diangkat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Norwegia dan Islandia. Selama masa tugasnya, ia memperoleh penghargaan Order of Merit dari Raja Norwegia pada Desember 2011, menjadikannya orang Indonesia pertama yang memperoleh penghargaan tersebut.

Tahun 2012, Retno dipercaya untuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, sebelum akhirnya dipilih untuk menduduki posisi sebagai Menlu. Penunjukan Retno sebagai Menlu RI sekaligus menjadikannya sebagai Menlu wanita pertama di Indonesia. (ren)