Home > Berita Pilihan > Ribuan Handphone Rekondisi Disita Polda Jateng

Ribuan Handphone Rekondisi Disita Polda Jateng

METROSEMARANG.COM – Jajaran Dit Reskrimsus Polda Jateng berhasil mengamankan 1.106 handphone rekondisi dari beberapa pemasok dan toko ponsel di Jawa Tengah. Ribuan perangkat telekomunikasi tersebut disita dari lima tempat di wilayah Semarang, Kudus dan Grobogan.

Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Kepala Subdirektorat I/Industri Perdagangan dan Investasi (Indagsi) Dit Reskrimsus Polda Jateng, Kompol Ari Syafaat mengatakan mereka mendapatkan barang-barang ini dengan transaksi online serta beberapa pemasok dari Jakarta. “Dari barang bukti yang ada sebanyak 1.106 handphone rekondisi atau senilai Rp 450 juta,” katanya, Jumat (23/12).

Dia menambahkan, pelaku membeli barang bekas secara online kemudian dipoles menjadi barang baru lengkap dengan packagingnya. Lalu mereka jual dengan harga di bawah pasaran.

Dari fisiknya handphone rekondisi tak jauh berbeda dengan yang asli. “Handphone yang asli terdapat kartu garansi dan buku petunjuk dalam bahasa Indonesia sedangkan dalam handphone rekondisi tidak terdapat petunjuk dalam bahasa Indonesia,” imbuh Ari Syafaat.

Selain itu ada perbedaan lainnya yakni tampilan di kardus kemasan. Kemudian di badan handphone juga terdapat perbedaan, di mana yang asli terdapat label postel sedangkan yang rekondisi tidak terdapat label postel.

Kelima pelaku kini dijerat pasal 62 ayat 1 jo pasal 8 ayat 1 dan Pasal 9 ayat 1 UU RI No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman hukuman lima tahun penjara serta denda maksimal Rp 2 milyar, dan Pasal 52 jo pasal 32 ayat 1 UU RI No. 36 Tahun 1999 tentang telekomunikasi dengan ancaman hukuman satu tahun penjara serta denda maksimal Rp 100 juta.

Sementara Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Jateng, AKBP Agung Aristyawan Adhi mengimbau kepada masyarakat adar lebih berhati-hati membeli produk ponsel. Ia juga berharap agar konsumen mengecek kartu garansi serta label postel yang tertera pada badan ponsel. (fen)