Home > METRO BERITA > Ribuan Napi di Jateng Tunggu Jatah Remisi Kemerdekaan

Ribuan Napi di Jateng Tunggu Jatah Remisi Kemerdekaan

METROSEMARANG.COM – Warga binaan yang menghuni lembaga pemasyarakatan di Jawa Tengah masih menunggu kepastian remisi yang bakal mereka peroleh bersamaan dengan peringatan HUT Kemerdekaan ke-71 RI. Jumlah narapidana yang akan mendapatkan pengurangan masa hukuman baru diketahui pada Selasa (16/8) besok.

Suasana lomba tujuh belasan di Lapas Kedungpane, Senin (15/8). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Suasana lomba tujuh belasan di Lapas Kedungpane, Senin (15/8). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Bambang Sumardiono menuturkan, setiap warga binaan akan mendapatkan kesempatan yang sama dalam remisi ini. Tentunya, kata dia sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Semua berhak, termasuk extraordinary crime seperti korupsi, terorisme, narkotika, dengan catatan harus sesuai dengan peraturan,” ungkap Bambang, kepada saat menghadiri perlombaan di Lapas Kelas I, Kedungpane Semarang, Senin (15/8).

Ia juga menambahkan hanya warga binaan dengan hukuman mati, seumur hidup, dan hukuman disiplin yang tidak bisa menerima remisi. Terlebih lagi, kata dia saat ini Kemenkumham sedang memperjuangkan revisi peraturan pemerintah no. 99 tahun 2012 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan.

Namun, hingga saat ini angka pasti penerima remisi belum dapat dipastikan. Pengumuman resmi akan diumumkan pada tanggal 16 Agustus esok. “Semua punya hak sama, kecuali tadi yang hukuman seumur hidup, mati, dan disiplin,” pungkas Bambang.

Berdasarkan data Ditjen Pemasyarakatan, jumlah narapidana di Jawa Tengah per 15 Agustus 2016 mencapai 7.579 orang. Mereka menghuni 44 lapas dan rumah tahanan yang tersebar di Jateng. (vit)