Ribuan Pemudik Bermotor Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas

image

SEMARANG – Sebanyak kurang lebih 2400 pemudik bersepeda motor turun di Pelabuhan Tanjung Emas, Jumat (25/7/2014) pagi sekitar pukul 06.30 WIB. Para pemudik tujuan berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut diangkut dengan menggunakan KM Ciremai dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta secara gratis

Program mudik gratis khusus untuk pesepeda motor tersebut sudah menjadi agenda tahunan dari Kementerian Perhubungan. Tahun ini ada empat kali pelayaran dari Tanjung Priok tujuan Tanjung Emas, masing-masing KM Ciremai dua kali pelayaran, KM Niki Sae satu kali pelayaran dan KRI Makasar 590 dari TNI AL satu kali pelayaran. Total dari empat pelayaran tersebut jumlah pemudik yang diangkut sebanyak 7.492 pemudik dengan 3.455 motor.

Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Carolus Sengadji menyebutkan bahwa untuk hari ini ada dua kapal pengangkut pemudik bermotor yang merapat, yakni KM Ciremai dan KM Niki Sae. “KM Niki Sae dijadwalkan akan merapat sore ini pukul 15.00 WIB,” urainya.

Mudik gratis untuk pemudik bermotor itu sendiri dimaksudkan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalur darat. Dari tahun ke tahun peminat program ini terus mengalami peningkatan. (MS-01)

Post Author: