Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Ribuan Peserta Ramaikan Dinusfest 2017

Ribuan Peserta Ramaikan Dinusfest 2017

METROSEMARANG.COM – Menampung minat dan bakat siswa SMA/SMK/MA sederajat dan mahasiswa, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar Dinus Festival (Dinusfest) 2017. Mengambil tema Together We Achieve The Extraordinary, Dinusfest digelar tiga hari, sejak Selasa (24/1) hingga Kamis (26/1) mendatang.

Suni Petersen PhD, mencoba menabuh gamelan saat pembukaan Dinusfest 2017. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Dinusfest 2017 mempertandingan puluhan lomba yang dapat diikuti mahasiswa Udinus dan siswa SMA sederajat, seperti fotografi, web design, hingga gamelan. Dari sekian banyak perlombaan, lomba gamelan berhasil menarik perhatian pengunjung. Suni Petersen PhD, yang merupakan salah satu Profesor dari Alliant International University California juga tak mau ketinggalan untuk menabuh gamelan.

“Kita bermaksud mengajak generasi muda untuk tunrut nguri-nguri budaya jawa yang kian tersisih,” ujar Dekan Fakultas Teknik DR. Eng Yuliman Purwanto M. Eng dalam sambutannya membuka lomba gamelan.

Masing-masing peserta memiliki durasi tampil maksimal 20 menit dan membawakan lagu Gugur Gunung. Panitia menghadirkan 3 juri untuk melakukan penilaian, yakni Ki Warsino dari Dinas Pariwisata Kota Semarang, Ki Srihadi dari Udinus dan Ki Mulyono dari Udinus.

Sebanyak 60 siswa turut memeriahkan cabang lomba gamelan Jawa di panggung utama Dinusfest. Kekompakan, analisis musik dan penjiwaan merupakan poin utama dalam kriteria penilaian lomba lamelan.

“Aspek penilaiannya berdasarkan leres (benar), rempet (tepat) dan teknik pembawaan masing-masing peserta,” jelas ketua panitia lomba Gamelan Qodri Andrian Sunarto.

Terpisah, Dr. St Dwiarso Utomo, wakil rektor II menuturkan apresiasinya atas terselenggaranya Dinusfest 2017. Menurutnya tahun ini sebanyak 2.599 peserta dari 131 sekolah dan 19 kabupaten kota turut serta dalam ajang  tahunan tersebut.

“Semoga peserta bisa menampilkan yang terbaik dan tahun depan dapat terus bertambah pesertanya, agar makin banyak yang mengenal Udinus,” tandasnya. (vit)