Home > METRO BERITA > Ribuan Santri Semarang Meriahkan Hari Santri di Balai Kota

Ribuan Santri Semarang Meriahkan Hari Santri di Balai Kota

METROSEMARANG.COM – Ribuan santri Kota Semarang melakukan Peringatan Hari Santri Nasional ke-2 tingkat Kota Semarang di Halaman Balai Kota Semarang, Sabtu (22/10). Peringatan Hari Santri kali ini mengambil tema Merajut Kebhinekaan dan Kedaulatan Republik Indonesia.

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bertindak sebagai pembina upacara. Dia mengatakan lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak lepaskan dari peran dan kontribusi santri.

Hendi sapaan akrabnya mengajak masyarakat menjadikan Hari Santri Nasional ini sebagai pijakan untuk memperkuat semangat kebangsaan. “Momentum Hari Santri Nasional ini sebagai awal kebangkitan melawan terorisme, radikalisme dan narkoba,” kata dia, (22/10).

Ketua Pelaksana Peringatan Hari Santri Nasional Kota Semarang Agus Fathudin mengatakan tema Peringatan Hari Santri tersebut merupakan amanah dari Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) untuk disosialisasikan ke masyarakat, karena saat ini pihaknya merasakan kebhinekaan agak mulai memudar.

“Sebagian orang mementingkan kepentingan golongannya sendiri, seperti kepentingan politik, ekonomi dam lain-lain,” kata dia. Dengan Peringatan Hari Santri kali ini pihaknya berharap bisa mengamankan nilai Pancasila.

Setelah upacara peringatan di Balai Kota Semarang, para santri melanjutkan pawai menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal untuk melakukan tahlil dan doa bersama. (ade)