Home > METRO BERITA > Rivki Sujatmika, Siswa SMK 4 Semarang Wakili Jateng di LKS Tingkat Nasional

Rivki Sujatmika, Siswa SMK 4 Semarang Wakili Jateng di LKS Tingkat Nasional

METROSEMARANG.COM – Rivki Sujatmika, siswa SMK Negeri 4 akan menjadi wakil Jawa Tengah di ajang Lomba Kreativitas Siswa (LKS) kategori animasi tingkat Nasional 2017 mendatang. Tiket itu ia dapatkan setelah  menjuarai lomba serupa tingkat Jateng di Solo, akhir pekan kemarin.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Rivki Sujatmika Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Rivki menjadi juara lantaran berhasil membuat animasi dengan karakter seekor kera yang  melakukan aksi silat Betawi berdurasi 30 detik. “Meski hanya 30 detik, namun proses pembuatannya diberi waktu kurang lebih 20 jam,” terang Rivki, Rabu (21/9) siang di SMKN 4 Semarang.

Rivki mengaku harus membuat 25 frame atau gambar statis dalam waktu satu detik animasi. Apabila ditotal, maka ia harus membuat 750 gambar statis dalam waktu 20 jam.

“Kuncinya ada di Q animation, atau dasar gambarnya sehingga nanti frame selanjutnya bisa lebih mudah dan cepat,” jelas remaja asal Demak tersebut.

Peserta diberi kebebasan memilih metode dalam menggambar, melalui corel, menggambar manual dan kemudian discan, atau menggunakan pen tablet. Rivki sendiri memilih menggunakan pendekatan tablet.

“Susahnya garis hasil goresan pen tablet tidak seperti yang aku inginkan saat menggambar dengan pensil dan kertas yang nyata,” bebernya.

Dari 31 peserta yang mewakili kabupaten dan kota, ia lolos dalam sepuluh besar animator yang hasilnya bisa dinikmati. Peserta lainnya, kehabisan waktu untuk menyelesaikan animasi mereka.

Kepala Program Studi Animasi SMKN 4 Semarang, M Rofikin mengatakan, Rivki berhak menjadi pemenang dengan nilai 239, disusul oleh Solo sebagai kedua dan Kabupaten Klaten sebagai juara ketiga.

Ditemui terpisah, Felix Yuniarto, kepala sekolah SMKN 4 menuturkan rasa bangganya atas prestasi siswanya. Menurutnya SMKN 4 Semarang sudah dua kali mewakili Jawa Tengah.

“Alhamdulillah LKS tahun ini juara satu dan berhak mewakili Jateng tahun depan,” ungkap Felix. (vit)