Home > METRO BERITA > Roadshow PMI Sumbang 65 Persen Stok Darah

Roadshow PMI Sumbang 65 Persen Stok Darah

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 65 persen stok darah yang masuk ke Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Semarang disuplai dari pendonor yang ada di luar PMI. Sementara sisanya berasal dari pendonor yang langsung menyumbangkan darahnya ke kantor PMI Kota Semarang.

Ilustrasi
Ilustrasi

Menurut petugas Adminitrasi PMI Cabang Kota Semarang, Winny Arya, persentase pendonor paling besar didapatkan ketika PMI melakukan roadshow dan kerjasama dengan instansi-instansi. Dia menyebutkan, setidaknya PMI Kota Semarang mendapatkan 50 kantong darah dalam sekali acara.

Selain itu, PMI Kota Semarang juga melakukan roadshow di Car Free Day (CFD), sumbangan darah yang didapatkan cukup besar. Setiap pekan, masyarkat yang menikmati CFD menyambut positif adanya kampanye donor darah ini di lingkungan CFD.

Hal ini terbukti setiap Minggu terdapat puluhan pengunjung yang mendafar. “Ada sekitar 50-an orang lebih yang mendaftar setiap CFD, namun rata-rata kantong darah yang berhasil dikumpulkan sekitar 40-an,” tuturnya, Selasa (20/9).

Dia menambahkan setiap bulannya PMI Kota Semarang membutuhkan sekitar 5.000 kantong darah. Hingga penghujung September ini, kata Winny, stok darah di PMI Kota Semarang masih dalam taraf angka aman. (ade)