Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Robovaganza 2017, Puluhan Pelajar Siap Adu Kuat di Unika

Robovaganza 2017, Puluhan Pelajar Siap Adu Kuat di Unika

METROSEMARANG.COM – Pihak kampus Unika Soegijapranata Semarang bulan ini kembali menggelar kontes Robovaganza demi meningkatkan daya saing pelajar SMA dalam berkompetisi di ajang tersebut. Lombanya akan dimulai 18 Mei nanti.

Robovaganza 2017 akan digelar di Unika Soegijapranata pada 18 Mei. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Lomba Robovaganza 2017 diperkirakan bakal diikuti 40 tim dari berbagai sekolah setingkat SMA Jawa Tengah dan Yogyakarta. Leonardus Herupratomo Ketua Panitia dari Jurusan Teknik Elektro Unika Soegijapranata menyebut ada sejumlah tim kuat yang bakal tampil di kontes tersebut.

“Satu di antaranya dari tim SMAN 3 Yogyakarta, mereka merupakan juara bertahan di kontes robot line follower nasional, dan berambisi ingin meraih piala bergilir di sini,” kata Leo, apaan akrabnya kepada metrosemarang.com, saat bertemu wartawan di Fakultas Teknik Unika Soegijapranata Jalan Pawiyatan Luhur Semarang, Rabu (10/5).

Kendati demikian, ia menyatakan ambisi tim SMAN 3 Yogyakarta untuk meraih juara bakal mendapat perlawanan ketat dari sejumlah peserta lainnya. Sebab, menurutnya ada tim-tim baru yang punya kualitas bagus yang ikut di kontes tersebut.

“Memang sekarang banyak pemain baru yang bagus. Ada tim robot dari Semarang, Jepara dan Salatiga. Mereka  kepengin menjajal kemampuan di Robovaganza. Makanya, lombanya nanti akan berlangsung sangat seru,” bebernya.

Ia bilang Robovaganza yang telah digeber selama 15 tahun terakhir itu merupakan kontes tahunan di kampusnya. Selain line follower, panitia juga menggelar lomba battle robot yang akan diikuti ratusan orang.

“Yang battle pesertanya pasti banyak sekali sampai 100 lebih,” jelasnya. Juara line follower akan ditentukan kecepatan melintasi garis yang sudah ditentukan. Sedangkan battle robot akan ditentukan tiga kali robot yang terjatuh.

Dimas Arifian, seorang mahasiswa Teknik Elektro mengaku lomba Robovaganza bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan minat pelajar agar mendalami ilmu teknik elektro. (far)