Home > METRO BERITA > Rumah Sakit Islam Sultan Agung Jadi Pusat Penelitian Unissula

Rumah Sakit Islam Sultan Agung Jadi Pusat Penelitian Unissula

Direktur Utama RSI Sultan Agung, dr. H. Masyhudi AM, M.Kes dan Rektor Unissula, DR Anis Malik Thoha, penandatanganan SKB dan disaksikan oleh Ketua Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA). Foto: istimewa
Direktur Pendidikan, dr. Hj Ken Wirastuti, Sp.S bersama Dekan Fakultas Hukum Dr. H. Jawade Hafidz, S.H., M.H menandatangani SKB disaksikan Direktur Utama RSI Sultan Agung dan Rektor Unissula. Foto: istimewa

METROSEMARANG.COM – Selain menjadi penyelenggara kesehatan bagi masyarakat, Rumah Sakit Islam Sultan Agung kini juga menjadi tempat pendidikan, penelitian dan pelatihan tenaga medis dan non-medis. Ditandai dengan terbitnya nota kesepahaman dalam surat keputusan bersama antara Rumah Sakit Islam Sultan Agung dengan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).
“Penandatanganan SKB ini merupakan sebuah kebutuhan bersama untuk saling mengisi, membantu dan menguntungkan bagi mutu pendidikan dan pelayanan umumnya. Langkah ini juga konstruktif untuk mencerdaskan masyarakat,” kata Direktur Rumah Sakit Islam Sulta Agung, dr Masyhudi AM, M.Kes.
Dengan kerjasama terebut, pengambilan data untuk keperluan penelitian dari pihak rumah sakit oleh pihak fakultas terkait, diizinkan. Termasuk data yang terkait dengan pasien baik langsung maupun tidak langsung. Namun Masyhudi menggarisbawahi bahwa semua penelitian harus mendapatkan rekomendasi dari komisi etik dan mendapat ethical clearance.
Sementara, Rektor Unissula Dr Anis Malik Thoha menyebut apa yang dilakukan Rumah Sakit Islam Sultan Agung adalah bentuk upaya pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan bagi Unissula merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kerjasama ini harus dilakukan atas dasar semangat saling menghargai serta dalam rangka mengembangkan keilmuan sesuai dengan tugas dan fungsi pengembangan masing-masing pihak,” katanya.
Menurutnya, saat ini setiap persoalan harus dilakukan dari sisi pendekatan dari berbagai disiplin ilmu. Penandatanganan surat keputusan bersama yang berlangsung di Hall Direksi Rumah Sakit Isam Sultan Agung itu disaksikan oleh Ketua Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung, Hasan Thoha Putra MBA. Yayasan tersebut merupakan lembaga yang menaungi  kedua institusi, rumah sakit dan universitas Sultan Agung. (han)

Tinggalkan Balasan