Home > METRO BERITA > Rumah Tergusur Proyek Tol, Lima Siswa SD Ngaliyan 02 Terpaksa Pindah Sekolah

Rumah Tergusur Proyek Tol, Lima Siswa SD Ngaliyan 02 Terpaksa Pindah Sekolah

METROSEMARANG.COM – Sejumlah siswa SD Negeri Ngaliyan 02 rupa-rupanya juga ikut terkena imbas proyek Tol Semarang-Batang. Mereka terpaksa pindah sekolah lantaran rumahnya juga digusur.

Total siswa yang dimiliki SDN Ngaliyan 02 sebanyak 224 anak. Namun akibat adanya proyek tol, pihak sekolah harus kehilangan lima siswanya yang memutuskan pindah sekolah.

Aktivitas belajar mengajar di SD Negeri Ngaliyan 02. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Aktivitas belajar mengajar di SD Negeri Ngaliyan 02. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Kepala SD Ngaliyan 02, Mardiyati mengatakan, siswa-siswa tersebut harus mengikuti orangtuanya pindah ke rumah yang baru. “Pindah karena rumahnya tergusur, tapi ada juga yang rumahnya tergusur tidak pindah,” ujarnya, Senin (21/11).

Menurutnya, warga yang tergusur namun masih bisa tinggal di dekat sekolah memutuskan tidak memindahkan anaknya. Selain bangunan sekolah, kata dia,  rumah warga di kawasan Klampisan juga turut tergusur.

Khusus untuk siswa kelas VI, meski rumahnya harus pindah tapi siswa tetap dipertahankan. “Siswa kelas VI karena hampir ujian jadi agak repot jika pindah, jadi tetap di sini,” imbuhnya.

Mardiyati menambahkan, meski terdampak penggusuran tetapi sebenarnya minat orangtua untuk menyekolahkan anaknya di SD Ngaliyan 02 cukup tinggi. Itu terbukti dari pendaftaran pada tahun ajaran baru kemarin jumlah siswa yang mendaftar mampu memenuhi kuota.

Saat ini pihak sekolah sudah mendapatkan lahan untuk relokasi, sekitar 500 meter dari lokasi sekolah saat ini. Luas lahan yang akan menjadi tempat relokasi ini sekitar 7475 meter persegi. (vit)