Rusak saat Dipindah, Patung Ribut Waidi akan Diganti Baru

METROSEMARANG.COM – Patung legenda PSIS Semarang, Ribut Waidi rusak tatkala hendak dipindahkan dari pertigaan Jatingaleh, tepatnya Jalan Teuku Umar, Karangrejo, Semarang.

Patung Ribut Waidi rusak saat akan dipindah dari pertigaan Jatingaleh. Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Semarang, Jaiz Suyono, mengatakan tahapan pemindahan yang dilakukan petugasnya telah merusak tubuh patung yang dibuat pada 2003 tersebut.

Ia beralasan kerusakan muncul akibat crane tidak kuat mengangkat patung Ribut Waidi. “Kemarin sudah mulai kita pindahkan. Tapi saat diangkat, ternyata crane enggak kuat,” ungkap Jaiz saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (8/2).

Patung Ribut Waidi semula dibangun Pemkot Semarang pada 2003 sebagai bentuk penghormatan warga atas jasa yang ditorehkan sang legenda di dunia sepakbola.

Ribut lahir di Trangkil Pati pada 5 Desember 1962. Dia menjadi legenda saat memperkuat PSIS di liga Perserikatan. Saat diperkuat Ribut, Mahesa Jenar, julukan PSIS mampu merengkuh gelar juara perserikatan pada 1987 silam.

Ribut yang wafat pada 3 Juni 2012 di usia umur 49 tahun diketahui tinggal di kawasan Ngaliyan.

Jaiz pun memohon maaf atas insiden rusaknya patung Ribut Waidi tersebut. Saat ini pihaknya sudah memesan patung Ribut Waidi yang baru kepada pembuat sebelumnya.

“Ini akan kami perbaiki. Saat ini sedang kami pesankan ke pembuatnya yang dulu,” tuturnya. (far)