Home > METRO BERITA > Sosialita > S Agung Nugroho: Terobsesi Perbaiki Pendidikan di Indonesia

S Agung Nugroho: Terobsesi Perbaiki Pendidikan di Indonesia

S Agung Nugroho Foto Metrosemarang/Achmad Nurseha
S Agung Nugroho
Foto Metrosemarang/Achmad Nurseha

GURU dan siswa SMP 18 Semarang tentu sudah tak asing dengan sosok ini. Jebolah Universitas Sebelas Maret Surakarta itu punya andil besar terhadap sederet prestasi yang dihadirkan sekolah yang beralamat di Jalan Purwoyoso 1 Ngaliyan tersebut.

Ya, sejak memegang kendali pimpinan SMP 18 pada 2012, S Agung Nugroho memberi banyak perubahan. Khususnya dalam hal kedisiplinan. Tak heran, sekolah yang dipimpinnya selalu menjadi langganan juara lomba Pramuka.

Meski begitu, pria kelahiran Semarang 46 tahun silam itu enggan menanggalkan sifat alaminya yang bersahabat. Menurut dia, dalam pergaulan dituntut bisa fleksibel. Bagi Agung, pengalamannya dalam berorganisasi membuatnya bisa luwes saat bergaul.

“Saya mulai ikut organisasi saat menjadi mahasiswa, eh keterusan sampai sekarang,” katanya, saat ditemui di kantornya, Selasa (16/12).

Memiliki bakat di dunia musik, Agung aktif dalam grup keroncong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Semarang. Tidak hanya itu, dia juga bergabung di PMI Kota Semarang dan instruktur hypnotheraphy. Peraih gelar Guru Teladan se-Kota Semarang tahun 2003, Kepala Sekolah Teladan se-Kota Semarang tahun 2008, dan Relawan Terbaik di Banten tahun 2008 itu terobsesi untuk terjun langsung dalam memperbaiki pendidikan.

Lewat sekolah yang dia pimpin, harapannya SMP Negeri 18 menjadi salah satu sekolah favorit di Kota Semarang. “Menjalani hidup itu tidak usah ngoyo, mengalir saja, dijalani dengan ikhlas dan berfikir positif,” tutupnya. (ans)