Home > Berita Pilihan > Sambut Idul Adha, Ratusan ‘Juleha’ Disebar di 35 Daerah

Sambut Idul Adha, Ratusan ‘Juleha’ Disebar di 35 Daerah

METROSEMARANG.COM – Ratusan juru sembelih halal (Juleha) saat ini mulai disebar di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah untuk melaksanakan pemotongan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah nanti. Mereka kini telah menjalani pelatihan penyembelihan hewan kurban di tiap dinas.

Pemeriksaan hewan kurban di Kalipancur, Ngaliyan, Senin (5/9). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Pemeriksaan hewan kurban di Kalipancur, Ngaliyan, Senin (5/9). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Jumlahnya secara keseluruhan ada 220 Juleha dan semuanya sudah dilatih menyembelih sapi, kerbau dan kambing yang akan dijadikan hewan kurban saat Idul Adha nanti,” ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Jawa Tengah Agus Waryanto, kepada metrosemarang.com saat memantau pedagang hewan kurban di Kalipancur Semarang, Senin (5/9).

Agus menerangkan proses pelatihan bagi Juleha itu dilakukan bertahap selama lima kali. Lokasi yang dipilih pun kebanyakan berada di kantor-kantor cabang Majelis Ulama Indonesia (MUI) maupun kantor Disnakeswan.

Pelatihan yang diberikan berupa tata cara menjagal hewan, lalu menguliti daging kurban hingga mengajari membuang kotoran dan darah ke lokasi pembuangan yang langsung mengalir ke selokan.

Ia mengatakan pelatihan Juleha memang perlu didampingi instruktur dari MUI agar tata cara memotongnya sesuai syariat Islam. Selain itu, pendampingan dari dokter hewan untuk menilai apakah tiap penjagal mampu melaksanakan tugasnya dengan benar, atau belum.

“Kita lihat betul-betul bagaimana dia mempraktekan cara menyembelih sapi sampai pada perilaku membuang darah. Itu harus sesuai aturan kesehatan yang berlaku,” jelas Agus.

“Kita mencontohkan saja di Kudus kemarin kita lihat ada beberapa Juleha yang ternyata masih kerepotan menguliti dan memotong tulang-tulang sapi. Maka, kita bekali keterampilan khusus seperti meminjamkan pisau berukuran besar dan seterusnya,” sahut Kabid Kesehatan Masyarakat Veterinet, Disnakeswan Jateng, Saiful Latif.

Latif menambahkan, para Juleha nantinya mulai bertugas menjagal hewan kurban tepat saat hari H Idul Adha. Tiap Juleha ditempatkan di musala, masjid-masjid besar sampai perkampungan yang butuh tenaga penyembelihan tambahan.

“Soalnya Juleha ini profesi yang sangat dibutuhkan masyarakat saat Idul Adha tiba,” tegasnya. (far)