Home > METRO BERITA > KULINER > Sate Sapi Pak Kempleng, Rasanya Melegenda di Semarang

Sate Sapi Pak Kempleng, Rasanya Melegenda di Semarang

sate-sapi-pak-kempleng-semarang
sate-sapi-pak-kempleng-semarang

SEMARANG – Bagi pecinta sate sapi, belum lengkap, jika tak mencicipi Sate Sapi Pak Kempleng yang namanya sangat melegenda di Semarang. Daging satenya terasa lebih empuk dengan ukuran cukup besar.  Apalagi setelah ditambah kuah bumbu kacang kental, menjadi keistimewaan Sate Sapi Pak Kempleng. Tak heran jika para pelangganSate Sapi Pak Kempleng, ingin datang kembali, untuk menikmati rasa sate sapinya yang memang tiada duanya di Semarang.

Di Semarang, warung Sate Sapi Pak Kempleng buka di beberapa tempat, salah satunya di Jalan Perintis Kemerdekaan no 58 Banyumanik. Selain itu di Ungaran warung Pak Kempleng buka di  7 tempat.  Bahkan warung sate sapi yang berdiri sejak tahun 50-an ini sudah mebuka cabang di Jakarta.

Nama Pak Kempleng sendiri berasal dari pendiri warung sate ini. Menurut Hj Sofiatun, 47, salah satu cucu Pak Kempleng, usaha warung sate ini, berdiri sejak tahun 1950 lalu. Dirintis oleh Sakimin atau yang lebih akrab disapa Pak Kempleng.  Usaha yang dirintis Pak Kempleng diteruskan oleh kedua anaknya.

Khusus sate Pak Kempleng cabang di Jalan Perintis Kemerdekaan yang dikelola Sofiatun bersama suaminya. Setiap hari buka dari jam 9.00 pagi hingga 21.00.  Rata-rata dalam sehari, warung sate ini bisa menghabiskan sekitar 10 kilogram daging sapi. Bahkan di hari Sabtu dan Minggu, warungnya bisa menghabiskan 13 hingga 14 kilogram daging sapi. (*)