Home > METRO BERITA > Satjipto Rahardjo Institute Adakan Konsorsium Hukum Progresif 

Satjipto Rahardjo Institute Adakan Konsorsium Hukum Progresif 

law-hammer

SEMARANG – Satjipto Rahardjo Institute (SRI) mengadakan Konsorsium Hukum Progresif dengan tema “Pendidikan Tinggi dan Akses tehadap Keadilan” yang akan diselenggarakan pada 14-15 November mendatang di Hotel Semesta Semarang. Kegiatan tersebut merupakan temu ilmiah tahunan yang akan mengundang para pemerhati, akademisi, dan praktisi hukum dari Tanah Air.

“Hukum Progresif adalah gagasan yang dikembangkan Prof Satjipto Rahardjo. Tema tahun ini adalah upaya kita untuk merefleksikan perjalanan panjang pendidikan hukum Indonesia dalam kaitannya dengan keadilan sosial, terutama untuk masyarakat miskin dan marjinal,” ujar koordinator panitia Syukron Salam.

“Untuk melihat permasalahan dan keberpihakan hukum, pertama yang perlu ditelusuri adalah model pendidikan hukum itu sendiri. Di sanalah (institusi pendidikan hukum, red) sistem hukum nasional mulai diinisiasi,” lanjutnya.

Dijadwalkan akan hadir sebagai pembicara adalah Prof Sulistyowati Irianto (guru besar Antropologi Hukum UI), Todung Mulya Lubis (praktisi hukum, salah satu pendiri YLBHI), dan Prof Suteki (guru besar sosiologi hukum Undip).

Anggota panitia, Hasan Djajadiningrat, menambahkan, Konsorsium Hukun Progresif juga membuka kesempatan peserta untuk ambil bagian melalui call for papers, yaitu penulisan makalah yang kelak akan dipresentasikan dalam sidang-sidang panel sesuai tema terpilih.

Biaya registrasi peserta penulis, jelas dia, adalah sebesar Rp 400.000 dan peserta biasa sebesar Rp 300.000. Informasi selengkapnya dipersilakan menghubungi email satjiptorahardjoinstitute@yahoo.com atau nomor 0856-4266-6107, dapat juga mengunjungi situs www.satjiptorahardjo.org. (*)