Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Mall & Shopping > Sebelum Belanja Online, Baca Ini Dulu, Kas!

Sebelum Belanja Online, Baca Ini Dulu, Kas!

ilustrasi
ilustrasi

Perkembangan teknologi dan masyarakat telah banyak mengubah kehidupan. Jika dulu untuk berbelanja kita harus menyediakan waktu khusus untuk mendatangi toko yang ingin kita kunjungi, kini masyarakat lebih dimudahkan karena bisa berbelanja tanpa harus datang ke toko, yakni dengan transaksi online.

Meski belanja online cukup mudah, Anda perlu mengetahui tips dan etika seputar belanja online, agar tidak mengalami kerugian. Apa saja tips-nya?

1. Baca Aturan Online Shop

Sebelum melakukan transaksi di online shop, pastikan Anda telah mengetahui detil aturan di online shop tersebut. Jika ada hal-hal yang tidak tercantum maupun kurang Anda pahami, tanyakanlah pada penjual. Jangan menyamakan peraturan satu online shop dengan yang lainnya, karena berbeda toko, beda lagi peraturannya.

2. Jangan Sembarangan Menawar

Beberapa online shop mengijinkan calon pembeli untuk menawar. Saat menawar, sebaiknya jangan menawar yang keterlaluan hingga penjual seperti tak mendapat laba. Hal ini bisa membuat reputasi Anda buruk di online shop tersebut. Jika tidak ada ketentuan untuk menawar juga sebaiknya jangan memaksakan untuk menawar, meskipun Anda membeli cukup banyak. Mintalah diskon kepada penjual ketimbang menawar.

3. Cek Reputasi Online Shop

Waspadailah penipuan yang dilakukan oleh penjahat berkedok online shop. Agar tidak tertipu, sebelum bertransaksi cobalah untuk browsing nama atau nomer HP dan nomor rekening dari penjual yang diberikan. Anda akan mengetahui apakah online shop tersebut bermasalah atau tidak.

4. Survey Harga dan Cek Mutu

Banyak online shop yang menjual barang yang sama tapi harganya berbeda. Jika ingin lebih hemat, tak ada salahnya membandingkan harga di satu online shop dengan yang lain. Cek juga apakah barang yang dijual di online shop itu asli atau palsu. Jangan karena tergiur harga murah, lalu Anda merugi di kemudian hari karena barang yang Anda beli ternyata palsu.

Itulah beberapa tips berbelanja aman di online shop. Semoga bermanfaat. (ren)