Home > METRO BERITA > Sekda: Olahraga Harus Jadi Gaya Hidup

Sekda: Olahraga Harus Jadi Gaya Hidup

image
Peringatan Haornas di halaman Balaikota Semarang, Jumat (19/9). Foto Metrosemarang/dok humas pemkot

SEMARANG – Peringatan Haornas (Hari Olahraga Nasional) merupakan momentum yang tepat untuk membangun budaya olahraga. Budaya hidup sehat dan bugar diharapkan terwujud dalam aktivitas keseharian sebagai lifestyle dan pondasi olahraga nasional yang kokoh dan .
 
Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Adi Trihananto, inspektur upacara peringatan Haornas XXXI Kota Semarang yang digelar di halaman Balai Kota, Jumat (19/9/2014).
 
‘’Budaya olahraga akan menjadi variabel penting untuk mengungkit dan mendukung pencapaian prestasi olahraga. Rata-rata negara yang memiliki budaya olahraga kuat, pencapaian prestasinya juga menjadi hebat di setiap kompetisi regional maupun internasional,” ungkapnya.
 
Bila budaya olahraga itu tumbuh, lanjut Adi Trihananto, secara langsung akan menumbuhkan budaya disiplin, konsistensi, kompetisi, persahabatan, kesatuan dan persatuan, serta perdamaian. Sebagai wahana pembelajaran yang efektif, jika dimaknai dengan baik dan benar, olahraga berperan pada pembentukan karakter positif bangsa.
 
Dia mengingatkan, seluruh pihak termasuk jajaran pemerintah, harus menggerakkan masyarakat dan pihak swasta berpartisipasi dalam mewujudkan pembudayaan olahraga. Melalui penyediaan sarana dan prasarana, pendanaan serta menggalakkan event-event olahraga baik rekreasi, pendidikan maupun prestasi.
 
Menurut Adi Trihananto, aktivitas olahraga diharapkan bisa menjadi sebagai lifestyle. Hal itu dapat digalakkan dengan adanya kegiatan-kegiatan olahraga di hari Jumat atau hari libur lainnya di instansi-instansi Pemerintah, sekolah-sekolah dan masyarakat.
 
‘’Pembinaan olahraga-olahraga prestasi di daerah, harus difokuskan pada satu dan dua cabang olahraga unggulan dan dilaksanakan secara serius, sistematis dan terukur sehingga menjadi kompetitif prestasinya di tingkat dunia,’’ tegasnya. (MS-13)